Ragam Jenis Kurma Paling Populer di Indonesia

Image title
28 April 2021, 10:50
PENJUALAN KURMA SELAMA RAMADHAN MENINGKAT
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp.

Bila ada yang bertanya, jenis kurma apa yang biasa kita makan, mungkin yang terlintas di kepala kita hanya; kurma arab. Memang betul kurma adalah makanan yang berasal dari wilayah Timur Tengah. Tapi, sebetulnya buah ini punya 3.000 varietas.

Mengutip dari laman Food and Agriculture Organization (FAO), kurma yang layak dikonsumsi berkisar sekitar 200 - 400 jenis saja. Di Indonesia sendiri, ragam jenis kurma ada banyak di pasar.

Bagi pemakan kurma yang awam, kebanyakan hanya tahu dua jenis kurma menurut kategori yang mereka buat sendiri; kurma murah dan kurma mahal. Sementara bagi yang sering mengonsumsinya akan menyadari bahwa kurma memiliki bentuk, tekstur, rasa, kualitas dan tentunya harga yang berbeda-beda.

Setidaknya ada 27 jenis kurma di pasar Indonesia dan dari jumlah ini ada beberapa jenis yang paling popular, di bawah ini di antaranya.

1. Kurma Ajwa

Kurma ajwa adalah yang paling populer di Indonesia. Konon, jenis kurma ini adalah kurma favorit Rasullah. Kurma Ajwa dipercaya memberi manfaat kesehatan dan punya cita rasa yang lezat. Tekstur kurma ajwa lembut dan kering, sementara bentuknya cenderung lebih kecil dengan warna gelap. Ajwa termasuk dalam kategori kurma premium dengan harga dikisaran Rp 120 ribu – Rp 400 ribu per kilogram.

2. Kurma Medjool

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...