Potret Penggunaan Internet di Indonesia

Kegemaran masyarakat Indonesia berselancar di jagad internet perlu diimbangi dengan literasi digital yang baik.
Image title
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
28 Maret 2022, 13:17

Survei Katadata Insight Center (KIC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2021 mengamati potret penggunaan internet oleh masyarakat Indonesia.

Mayoritas masyarakat Indonesia menghabiskan aktivitas daring pada aplikasi pesan singkat dengan presentase sebesar 54,7 persen. Aktivitas berselancar di dunia maya terbanyak kedua dihabiskan pada platform media sosial dengan presentase 49,8 persen. Pada urutan ketiga, masyarakat gemar menghabiskan waktu daring untuk mencari informasi dengan presentase 47,5 persen.

Namun, sejalan dengan temuan tersebut, diketahui pula bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia berada dalam kategori sedang. Hal ini terlihat dari indeks literasi digital Indonesia yang berada di level 3,49 dari skala 0 - 5.

Adapun, survei ini dilakukan di 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten. Jumlah responden mencakup 10 ribu individu dengan jangkauan sebanyak 50,7 persen merupakan masyarakat di kawasan pedesaan dan 49,3 persen masyarakat di perkotaan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.