Maybank Bali Marathon Diusulkan Jadi Major Marathon

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
27 Agustus 2022, 10:36
Maybank Bali Marathon Diusulkan Jadi Major Marathon
Katadata

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengusulkan ajang Maybank Bali Marathon menjadi major marathon. Major marathon adalah perlombaan marathon dengan kasta paling tinggi. Saat ini, hanya ada enam ajang major marathon yaitu Tokyo Marathon, London Marathon, Berlin Marathon, Boston Marathon, New York Marathon dan Chicago Marathon.

Sekjen PB PASI Tigor Tanjung mengatakan, usulan Maybank Bali Marathon diajukan menjadi ajang major marathon sudah disampaikan ke Badan Atletik Dunia. Kata Tigor, Maybank Bali Marathon yang sudah berjalan selama satu decade dianggap layak untuk menjadi ajang major marathon pertama di Asia Tenggara.

“Saya mewakili PB PASI akan melakukan rapat di Hanoi pada Oktober nanti lalu di Pattaya pada tahun depan untuk membahas Maybank Marathon menjadi ajang major marathon. Kami sangat berharap Maybank Bali Marathon ini bisa menjadi ajang major marathon pertama di Asia Tenggara,” kata Tigor dalam acara Welcoming Dinner for Media, Elite and National Athletes Maybank Marathon 2022 di Denpasar, Bali, Jumat (26/8/2022) malam.

Tigor menambahkan, tidak mudah bagi sebuah ajang marathon bisa mendapatkan status sebagai major marathon. Yang pertama, kata Tigor, ajang marathon tersebut harus mempunyai kualitas yang bagus dari sisi teknis dan non teknis.

“Maybank Bali Marathon ini kan sudah mendapatkan status Elite dari badan atletik dunia. Selain itu tempat juga menjadi salah satu pertimbangan. Bali sebagai lokasi penyelenggaraan Maybank Marathon kan sudah dikenal di dunia,” jelas Tigor.

Kata Tigor, apabila Maybank Bali Marathon berhasil menjadi major marathon ketujuh di dunia, maka bukan tidak mungkin pelari marathon papan atas dunia akan tertarik untuk hadir di Bali.

“Dengan meningkatnya status maka gengsinya tentu juga akan naik. Ini akan menjadi daya tarik bagi atlet dunia untuk ikut ambil bagian. Bisa saja, atlet marathon nomor satu dunia Eliud Kipchoge mau bertanding di Maybank Bali Marathon,” lanjut Tigor.

Project Director Maybank Marathon, Widya Permana mengucapkan terima kasih kepada PB PASI yang sudah membantu berlangsungnya Maybank Bali Marathon selama satu dekade.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...