Meningkatkan Literasi Digital Lewat Event Budaya

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
25 Juni 2023, 23:39
Meningkatkan Literasi Digital Lewat Event Budaya
Katadata

Pemerintah terus berupaya meningkatkan literasi digital masyarakat dengan berbagai cara. Sejumlah pihak diajak untuk berkolaborasi agar masyarakat semakin cakap digital termasuk komunitas budaya.

Wakil Ketua Umum Siberkreasi Rizki Ameliah mengungkapkan, event Satu dalam Cita yang menampilkan pentas tari Sudamala merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan literasi digital.

Advertisement

“Komunitas budaya juga bisa membantu kami dalam rangka meningkatkan literasi digital masyarakat. Contohnya dalam diskusi sore ini yang menjadi bagian dari event Satu dalam Cita, para pengunjung di sini bisa mendapatkan informasi tentang hoaks serta bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk hal-hal yang positif,” kata Rizki Ameliah dalam diskusi Etika dan Budaya di Dunia Digital, di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/6/2023).

Rizki menambahkan, masyarakat sudah harus paham tentang konsep cakap dan aman digital. Semua yang diunggah di media sosial harus dipahami dulu apa manfaatnya dan tentunya cek dan ricek menjadi hal yang penting.

Pengageng Pawedanan Panti Budoyo Pura Mangkunegaran GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo mengungkapkan, media sosial mempunyai peranan penting dalam memperkenalkan budaya kepada masyarakat.

Ancillasura memberi contoh, Pura Mangkunegaran mengunggah informasi seputar budaya melalui akun instagram.

“Media sosial itu kan sudah jadi kehidupan kita dan semua ada di media sosial dari mulai yang sedih sampai yang gembira. Kita pun memakai media sosial untuk mempromosikan serta memberikan informasi tentang Pura Mangkunegaran,” jelas Ancillasura.

Halaman:
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Advertisement