Isolasi Show
Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
Image title
Oleh Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
29 Maret 2020, 06:00

Foto: Isolasi

Sejak virus corona merebak, salah satu profesi yang rentan tertular yaitu jurnalis. Pewarta foto Kantor Berita Nasional Antara, Muhammad Adimaja, misalnya, dinyatakan orang dalam pemantauan (ODP) usai meliput kegiatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Kertajati, Jawa Barat, awal Maret 2020.

Berikut kisah Cumi, panggilan sehari-harinya, selama menjalani isolasi mandiri.

Setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, saya berpikir untuk memeriksakan diri. Saya berada satu lokasi, berdekatan saat meliputnya. Oleh petugas RSPI Sulianti Saroso, saya dinyatakan ODP, dengan suhu tubuh 37,6 derajat celcius. Saya pun mengisolasi diri sesuai anjuran petugas medis.

(Baca: Melawan Virus Corona dari Rumah)

Hal ini sebagai antisipasi untuk menahan penularan ke orang-orang terdekat. Berdasarkan fakta di Cina dan sejumlah negara yang memberlakukannya, terjadi perlambatan penyebaran setelah pembatasan interaksi dibandingkan sebelum langkah ini diambil.

Menjalani isolasi tentu hal yang membosankan, tapi setidaknya saya sudah melakukan anjuran pemerintah. Apalagi ini juga untuk menjaga orang-orang yang kita sayangi. Bagi ODP, apalagi dengan gejala, mengisolasi diri merupakan langkah bijak, bukan untuk Anda sendiri, juga untuk orang lain dengan imunitas lemah.

Editor: Donang Wahyu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.