FV Viking Show
Arief Kamaludin|KATADATA
Donang Wahyu
14 Maret 2016, 20:01

Menteri Susi Ledakkan Kapal Terbesar Pencoleng Ikan

KATADATA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Satuan Tugas (Satgas) Illegal Fishing 115, TNI  Angkatan Laut (AL) dan kepolisian meledakkan Fishing Vessel (FV) Viking, kapal pencuri ikan lintas negara, di Perairan Tanjung Batu Mandi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Senin (14/3). Kapal dengan bobot 1.322 Gross Ton (GT) yang dilengkapi jaring penangkap ikan sepanjang 399 kilometer ini, merupakan kapal terbesar pencoleng ikan yang pernah diledakkan pemerintah Indonesia. 

Peledakan kapal dipimpin langsung oleh Menteri Susi selaku komandan Satgas 115 IUU Fishing. Berbeda dengan kapal-kapal pencuri ikan lainnya yang berhasil ditangkap, FV Viking tidak ditenggelamkan. Sebagian badan kapal yang telah berganti 13 kali bendera negara, 12 kali mengganti nama, dan delapan kali mengganti call sign ini sengaja dibiarkan dan tetap utuh untuk dijadikan monumen pemberantasan illegal fishing.

"Hari ini kita jadikan kapal ini sebagai monumen atas kesungguhan kita melawan IUU (illegal, unreported, and unregulated ) fishing dan melawan perusakan alam," ujar Susi saat acara berlangsung.

FV Viking merupakan kapal yang sejak lama diburu oleh polisi internasional (Interpol), selalu berganti-ganti bendera negaranya sebelum kemudian berhasil ditangkap oleh kapal perang TNI yaitu KRI Sultan Thaha Syaifuddin, sekitar 12 mil di utara perairan Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Karena itu, FV Viking menyandang status "stateless vessel" (kapal nirkewarganegaraan).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.