Hutan Kota GBK, Area Piknik di Jantung Ibu Kota Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
Oleh Adi Maulana Ibrahim
24 Agustus 2020, 18:47

Foto: Hutan Kota GBK, Area Piknik di Jantung Ibu Kota

Hutan Kota yang terletak di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, sejatinya ialah kawasan kuliner dan wisata yang dibangun oleh jaringan hotel Plataran, yang selama ini konsisten membangun tempat penginapan bertema Indonesia.

Sebenarnya para wisatawan dari luar dan dalam Jakarta juga bisa bersantai di area hijaunya secara gratis di luar biaya parkir kendaraan, bekal makanan minuman, atau tiket kendaraan umum menuju ke GBK.

Area seluas 4 hektare itu kini telah ditata sebagai ruang terbuka hijau, paru-paru kota, sekaligus lahan konservasi. Pembangunan Hutan Kota GBK bersamaan dengan renovasi sejumlah area di GBK, yang kini terasa lebih modern dan tertib.

Di tengah pandemi virus corona, seluruh pengunjung wajib mentaati segluruh protokol kesehatan yang ditetapkan, mulai dari mengenakan masker saat tak makan atau minum sampai menjaga jarak antarpengunjung.

Walau ada petugas kebersihan yang berjaga, pengunjung yang membawa makanan dan minuman tetap wajib membuang sampah secara mandiri usai berkunjung ke sini.

Waktu terbaik berkunjung ke Hutan Kota GBK ialah sebelum pukul 10.00 atau setelah pukul 15.00. Di saat itu, matahari tak terlalu terik, karena walau judulnya "hutan" namun belum banyak pepohonan besar yang ditanam di sekitarnya.

Taman di tengah kota menjadi pemandangan utama di sini. Sembari duduk-duduk di atas rumput, pengunjung bisa menikmati panorama gedung-gedung pencakar langit di seberangnya yang sekilas mirip Central Park di New York.

Editor: Donang Wahyu