Social Distancing, Alfamart & Indomaret Gencarkan Layanan Pesan Antar

Seluruh proses jual beli kebutuhan sehari-hari di Alfamart dapat dilakukan melalui telepon.
Image title
3 April 2020, 18:09
Social Distancing, Alfamart & Indomaret Gencarkan Layanan Pesan Antar.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Alfamart di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat (1/7). Peretail Alfamart akan menggencarkan layanan online dan pesan di tengah pandemi corona dan social distancing masyarakat.

Kesadaran memutus mata rantai virus corona melalui pembatasan social (social distancing) dan physical distancing semakin banyak diterapkan masyarakat. Beberapa peretail seperti Alfamart dan Indomart pun mulai menggencarkan layanan belanja pesan antar agar tetap bisa bertransaksi dan menggaet pembeli, meski dilakukan dari rumah. 

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) Solihin mengatakan telah mensosialisasikan program di beberapa daerah, terutama epicentrum corona seperti DKI Jakarta. 

"Di setiap kelurahan  yang ada toko Alfamart sudah kami menginformasikan, bahwa warga yang membutuhkan barang bisa lewat telepon lalu diantarkan," kata dia kepada katadata.co.id, Jumat (3/4).

(Baca: Kementan Gaet Gojek Distribusikan 11 Bahan Pokok Lewat 3.500 Toko Tani)

Advertisement

Menurut dia, seluruh proses jual beli kebutuhan sehari-hari  di Alfamart dapat dilakukan melalui telepon. Dia pun menjamin, ketersediaan bahan pokok juga di gerainya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Meski begitu, ia meminta masyarakat untuk tidak melakukan pembelian secara berlebihan. Dengan demikian, pihak gerai tak akan membatasi pembelian.  "Sejauh ini selama stoknya ada dan membeli secara wajar tidak ada pembatasan," kata Solihin.

Kendati demikian dia enggan menjelaskan target penjualan maupun peningkatan transaksi layanan ini. Dia pun tak menyebut kisaran penurunan omzet penjualan akibat pandemi corona, karena kasus di sejumlah daerah berbeda-beda.

Sepanjang 2019, Alfamart membukukan penjualan sebesar Rp 72,9 triliun, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni sekitar Rp 66 triliun. Sedangkan laba bersih perseroan melesar 41% menjadi Rp 1,13  triliun dibanding tahun sebelumnya Rp 668 miliar. 

Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf juga mengatakan penjualan online telah lama diterapkan oleh perusahaan. Sementara untuk layanan pesan antar, pengguna bisa menggunakan aplikasi Klikindomaret yang dapat diunduh lewat Playstore maupun Appstore. 

(Baca: Cegah Corona, BUMN Gandeng Blanja.com Jual Ikan Segar Secara Daring)

Menurutnya, pihaknya tak akan menerapkan pembatasan pembelian barang ole konsumen, selama stok di gudang mencukupi dan tak dilakukan secara berlebihan. Dengan demikian, pihaknya betharap masyarakat tetap dimudahkan dalam memeuhi kebutuhan pokok. 

"Jadi buat kami ini merupakan solusi untuk masyarakat luas agar dapat belanja dari rumah. Order online kami via website atau aplikasi KlikIndomaret melayani antar dalam waktu satu jam," kata dia.

Hal serupa sebelumnya dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memberlakukan sistem belanja online untuk memenuhi kebutuhan pokok masyrakat selama periode pembatasan sosial. Hanya saja, sistem belanja online itu diberlakukan kepada sejumlah pedagang pasar di Jakarta. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswe dan pemprov bekerja sama dengan Perumda Pasar Jaya menyelenggarakan layanan tersebut. Tercatat, ada ratusan pedagang di 50 pasar di seluruh Jakarta yang bisa dihubungi guna melayani kebutuhan bahan masyarakat secara daring.

Adapun proses pembelian, penetapan harga atau tawar menawar bisa dilakukan melalui telepon atau pesan percakapakan whatsapp. Sementara pengiriman dilakukan melalui ojek online. 

"Masyarakat Jakarta bisa membeli kebutuhan di pasar secara langsung dengan menelepon pedagang yang ada di pasar itu. Misalnya yang biasa ke Pasar Rumput, silahkan datang ke website Pasar Jaya atau instagram, di situ ada daftar nomor para pedagang," kata Anies saat menggelar konferensi pers di Balaikota Jakarta, Selasa (31/3).

 

Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait