Kementan Klaim Stok Daging Ayam dan Sapi Aman Jelang Ramadan

Image title
9 Maret 2020, 13:46
Kementan Klaim Stok Daging Ayam dan Sapi Aman Jelang Ramadan .
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pedagang menimbang daging sapi yang dijual di Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/12/2019). Kementerian Pertanian menyatakan stok pangan stabil menjelang lebaran. Sebagian stok pangan, akan dipasok dari impor.

Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan stok pangan asal hewan yang terdiri dari daging ayam dan telur ayam ras serta daging sapi aman menjelang lebaran. Adapun sebagian  kebutuhan daging tersebut akan dipenuhi dari impor

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita mengatakan kebutuhan daging ayam ras hingga Mei 2020 diperkirakan sebesar 1,45 juta ton dan daging sapi atau kerbau kebutuhannya diperkirakan sebesar 302.300 ton. 

Sedangkan, produksi daging ayam ras sampai Mei 2020, diperkirakan sebesar 1,72 juta ton, sementara daging sapi atau kerbau 165.478 ton.

(Baca: Harga Pangan Naik, Jokowi Ingatkan Kemendag Jaga Suplai Jelang Ramadan)

"Masih diperlukan tambahan sebanyak 136.822 ton yang akan dipenuhi melalui impor daging sapi atau kerbau sebesar 103.043 ton dan sapi bakalan 252.810 ekor atau setara 56.659 ton daging," ujar Ketut melalui siaran pers, Senin (9/3).

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan kebutuhan telur ayam ras sampai bulan Mei diperkirakan sebesar 2,05 juta ton. Sementara potensi produksi telur ayam ras, diperkirakan sebesar ,.08 juta ton. "Artinya masih ada surplus sebesar 24.906 Ton atau 4.981 ton per bulan,” kata dia.

Pihaknya mengklaim secara umum, Indonesia sudah mandiri dalam penyediaan protein hewani dalam negeri. Yang mana untuk kebututuhan daging ayam dan telur ayam ras sepenuhnya merupakan produksi dalam negeri, bahkan masih ada surplus. Namun untuk daging sapi, ketersediaannya memang masih memerlukan dukungan impor. 

Ketut meyakini bahwa dengan program peningkatan produksi dan produktivitas sapi dan kerbau saat ini, swasembada daging sapi dapat tercapai pada 2026. "Kami harapkan dengan ketersediaan stok pangan asal hewan yang cukup ini, harga semestinya tetap stabil dan konsumen bisa tenang," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...