Warunk Upnormal, Warung Mie Instan Kekinian yang Akan Go Internasional

Warunk Upnormal sudah memiliki sekitar 80 gerai di 33 kota seluruh Indonesia dan berecana ekspansi ke Asia.
Michael Reily
21 Juli 2018, 10:00
Warunk Upnormal
www.warunkupnormal.com
Warung Upnormal berencana ekspansi ke sejumlah negara kawasan Asia.

Trend kuliner kekinian tengah menjamur di mana-mana. Perpaduan antara makanan bertema unik dan desain interior menarik untuk dipamerkan di media sosial menjadi ciri khas restoran ala anak muda masa kini. Salah satu yang sudah cukup terkenal yaitu Warunk Upnormal. 

Franchise lokal milik PT Citra Prima Rasa (CRP) Group ini terkenal dengan kekhasannya  dalam mengolah menu mie instan menjadi beragam jenis makanan unik yang diadopsi dari menu tradisional maupun internasional. 

Berkat kelihaian mengolah menu makanan tersebut, Warunk Upnormal mampu menarik minat pengunjung, khususnya dari kalangan anak muda. 

Warung yang berdiri sekitar 2014 ini hingga sekarang telah memiliki sekitar 80 gerai yang tersebar di 33 kota seluruh Indonesia, seperti  Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lampung, Pontianak, Samarinda, dan Pekanbaru. 

Advertisement

Sukses di dalam negeri, Warunk Upnormal juga berencana melanjutkan ekspansi ke mancanegara.  International Franchise Manager CRP Group Fitri Rachman menyatakan Upnormal berencana memperluas sayap bisnisnya ke negara kawasan Asia. Perusahaan sedang dalam tahap persiapan, termasuk mengurus segala proses perizinan di negara tujuan. 

"Kami memiliki keinginan untuk meningkatkan value industri kreatif Indonesia di dunia melalui brand Upnormal. " kata Fitri di Jakarta, Jumat (20/7).

Menurutnya, sajian utama Warunk Upnormal yang berupa kopi dan kreasi Indomie yang sudah cukup dikenal dan dapat diterima di pasar Asia. Oleh karena itu, perusahaan akan memulai langkah ekspansi pertamanya di kawasan Asia. 

Selain itu,  ramainya pengunjung gerai Upnormal di Indonesia menjadi magnet bagi calon mitra. Variasi menu yang beragam dan juga konsep kenyamanan desain gerai juga jadi alasan lainnya.

(Baca : Pedasnya Ayam Parape Daeng Pa'Ja Pemikat Hamish Daud)

Dengan sistem pengelolaan penuh bagi pihak pewaralaba diakui Fitri juga menjadi nilai tambah bagi calon mitra mereka di luar negeri.  Fitri menyebutkan perusahaan mengurus proses bisnis waralaba dari proses awal hingga akhir,  contohnya audit dan promosi. Namun, mitra tetap diberikan kesempatan untuk belajar manajemen franchise.

Selain itu, untuk setiap menu Warunk Upnormal juga dapat diadaptasi dengan citarasa menu lokal. Contohnya, untuk masyarakat Manila, Filipina yang menyukai makanan manis, maka citarasa itu bisa saja diadaptasi.

“Kami akan tetap otentik dengan adaptasi,” ujar Fitri.

Selain Warunk Upnormal yang identik dengan menu mie instan,  CRP Grup  juga tengah mengkaji untuk turut membawa serta lini bisnis waralaba kopinya ke luar negeri melalui merek Upnormal Coffee Roasters.

Alasannya, kopi sudah menjadi kebutuhan masyarakat, terutama di daerah perkotaan. Itu juga yang membuat Upnormal Coffee Roasters saat ini mulai menggencarkan ekspansinya di lokasi pusat perbelanjaan, perkantoran, serta  bandara.

Upnormal Coffee Roasters telah hadir di beberapa pusat perbelanjaan, di antaranya Kalibata City Mall dan Istana Bandung Electronic Center. Sedangkan untuk  di bandara, gerai kopi normal sudah ada di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Fitri mengatakan kopi dan mie instan yang berbahan baku lokal mampu merebut pasar. Variasi kopi pilihan Upnormal Coffee Roasters berasal dari daerah di Indonesia, seperti Toraja dan Ciwidey.

(Baca juga: Sasar Perempuan Kantoran, Nutrify Tawarkan Jasa Katering Sehat)

CRP Grup saat ini diketahui juga telah bekerja sama dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dengan membentuk unit usaha baru bernama Indo-CRP. 

Melalui kerja sama itu, Indofood pemasok mie instan  sebagai bahan masakan Upnormal. “Indofood akan memberikan percobaan pertama setiap varian baru Indomie sebelum dijual ke pasaran,” kata Fitri.

Indo-CRP pun saat ini mengembangkan tiga merek waralaba baru, yaitu Ayam Bersih Berkah, Nasi Goreng Abang, dan Meebox.

Sementara CRP Group saat ini merupakan pengelola  jaringan waralaba kuliner dengan merek Warunk Upnormal, Bakso Boedjangan, Sambal Khas Karmila, Upnormal Coffee Roasters, dan Fish Wow Cheese dengan total 189 unit gerai. 

"Secara keseluruhan, gerai paling banyak masih dipeganf oleh Warunk Upnormal dan Bakso Boedjangan,” ujar Fitri. (Baca juga: Chillibags Siap Perkenalkan Cita Rasa Sambal Nusantara ke Dunia)

 

Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait