Warunk Upnormal, Warung Mie Instan Kekinian yang Akan Go Internasional

Michael Reily
21 Juli 2018, 10:00
Warunk Upnormal
www.warunkupnormal.com
Warung Upnormal berencana ekspansi ke sejumlah negara kawasan Asia.

Trend kuliner kekinian tengah menjamur di mana-mana. Perpaduan antara makanan bertema unik dan desain interior menarik untuk dipamerkan di media sosial menjadi ciri khas restoran ala anak muda masa kini. Salah satu yang sudah cukup terkenal yaitu Warunk Upnormal. 

Franchise lokal milik PT Citra Prima Rasa (CRP) Group ini terkenal dengan kekhasannya  dalam mengolah menu mie instan menjadi beragam jenis makanan unik yang diadopsi dari menu tradisional maupun internasional. 

Berkat kelihaian mengolah menu makanan tersebut, Warunk Upnormal mampu menarik minat pengunjung, khususnya dari kalangan anak muda. 

Warung yang berdiri sekitar 2014 ini hingga sekarang telah memiliki sekitar 80 gerai yang tersebar di 33 kota seluruh Indonesia, seperti  Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lampung, Pontianak, Samarinda, dan Pekanbaru. 

Sukses di dalam negeri, Warunk Upnormal juga berencana melanjutkan ekspansi ke mancanegara.  International Franchise Manager CRP Group Fitri Rachman menyatakan Upnormal berencana memperluas sayap bisnisnya ke negara kawasan Asia. Perusahaan sedang dalam tahap persiapan, termasuk mengurus segala proses perizinan di negara tujuan. 

"Kami memiliki keinginan untuk meningkatkan value industri kreatif Indonesia di dunia melalui brand Upnormal. " kata Fitri di Jakarta, Jumat (20/7).

Menurutnya, sajian utama Warunk Upnormal yang berupa kopi dan kreasi Indomie yang sudah cukup dikenal dan dapat diterima di pasar Asia. Oleh karena itu, perusahaan akan memulai langkah ekspansi pertamanya di kawasan Asia. 

Selain itu,  ramainya pengunjung gerai Upnormal di Indonesia menjadi magnet bagi calon mitra. Variasi menu yang beragam dan juga konsep kenyamanan desain gerai juga jadi alasan lainnya.

(Baca : Pedasnya Ayam Parape Daeng Pa'Ja Pemikat Hamish Daud)

Dengan sistem pengelolaan penuh bagi pihak pewaralaba diakui Fitri juga menjadi nilai tambah bagi calon mitra mereka di luar negeri.  Fitri menyebutkan perusahaan mengurus proses bisnis waralaba dari proses awal hingga akhir,  contohnya audit dan promosi. Namun, mitra tetap diberikan kesempatan untuk belajar manajemen franchise.

Selain itu, untuk setiap menu Warunk Upnormal juga dapat diadaptasi dengan citarasa menu lokal. Contohnya, untuk masyarakat Manila, Filipina yang menyukai makanan manis, maka citarasa itu bisa saja diadaptasi.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...