Kontrak Sewa Habis, Lotte Mart Ratu Plaza Akan Tutup 1 Juni 2020

Keputusan penutupan ini bersifat business to business antara Lotte dan ratu Plaza seiring berakhirnya kontrak sewa.
Image title
11 Mei 2020, 17:45
Habis Kontrak, Lotte Mart Ratu Plaza Akan Tutup Mulai 1 Juni 2020.
Lotte Mart Indonesia / Youtube
Ilustrasi pengunjung berbelanja di Lotte Mart. Lotte Mart Indonesia akan tutup gerai di Ratu Plaza pada 1 Juni mendatang karena habisnya periode kontrak sewa.

Perusahaan retail PT Lotte Mart Indonesia akan menutup salah satu gerainya di mal atau pusat belanja Ratu Plaza, Jakarta Selatan pada 1 Juni mendatang. Chief Executive Officer (CEO) PT Lotte Mart Indonesia Joseph Buntaran mengatakan, penutupan gerai antara lain disebabkan habisnya masa kontrak sewa dengan pihak mal. 

"Tidak ada hubungannya dengan corona atau persaingan bisnis online. Rencana (penutupan) sudah dari setahun yang lalu," kata Joseph kepada Katadata, Senin (11/5).

Akibat penutupan, sebagian karyawan Lotte Mart di Ratu Plaza akan dipindahkan ke 49 gerai Lotte lainnya. Sementara, sebagian karyawan lain yang telah habis kontrak kerja tidak akan dilanjutkan.

(Baca: Mal Sepi & Tutup Imbas Corona, Pengusaha Minta Insentif ke Pemerintah)

Advertisement

Menurutnya, keputusan penutupan bersifat business to business antara Lotte dan ratu Plaza seiring berakhirnya kontrak sewa.

Meski begitu, Joseph mengakui bisnisnya juga ikut terdampak seiring merebaknya pandemi corona di Indonesia, namun hal ini bukan merupakan fakor utama.

Penjualan barang selama Ramadan dan Lebaran tahun ini, menurutnya tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya. "Dalam kondisi tidak normal ini, hasil penjualan pun tidak seperti yang diharapkan," ujar dia.

Namun,  jumlah penurunan omzet tidak bisa diperhitungkan. Transaksi penjualan pun menurutnya masih tetap berlangsung sebelum Ramadan. Hanya saja, ada pergeseran pola konsumsi pelanggan seperti mengutamakan bahan pokok ketimbang produk nonpangan. 

(Baca: Terimbas Corona, Alfamart Gratiskan Biaya Sewa untuk UMKM Rp 15 Miliar)

Di sisi lain, biaya operasional yang ditanggung perusahaan terus berjalan, seperti biaya untuk gaji karyawan hingga beban listrik.

Oleh karena itu, dia berharap pemerintah dapat mengontrol kebijakan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) dengan baik. Dengan demikian, pandemi virus corona diharapkan segera berakhir sehingga peretail bisa kembali beroperasi. 

 

Seiring dengan penutupan gerai tersebut, pelanggan dipersilakan berbelanja secara daring melalui toko resmi Lotte Mart, yaitu di iLOTTE, Tokopedia, Shoppe, Blibli, dan Happy Fresh.

 

 

Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait