Mal Sepi & Tutup Imbas Corona, Pengusaha Minta Insentif ke Pemerintah

Image title
24 Maret 2020, 16:32
Mall Sepi Imbas Corona, Pengusaha Mall Minta Insentif ke Pemerintah .
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Aktivitas pedagang di Mall Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (24/3/2020). Merebaknya virus Covid - 19 di Indonesia menyebabkan pusat belanja dan mall sepi pengunjung.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) meminta pemerintah memberikan sejumlah insentif dan keringanan pajak untuk mengurangi kerugian bisnis akibat pandemi corona. Jika kondisi ini terus dibiarkan, pengusaha khawatir hal ini bisa menimbulkan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan mengatakan, sejak Covid-19 merebak di Indonesia, pusat perbelanjaan mencatat penurunan jumlah pengunjung. Dengan biaya operasional yang ditinggi, ditambah sepinya pembeli membuat pusat perbelanjaan dan toko retail terus merugi.

Terlebih setelah kebijakan social distancing diberilakukan, yang mana banyak tempat-tempat hiburan dan mal yang ditutup sehingga pendapatan kian menipis.

(Baca: Cegah Corona, Plaza Indonesia & Summarecon Mall Tutup Sementara Besok)

"Kami tidak ada pemasukan lagi makanya pajak-pajak kami minta ditangguhkan dulu. Kalau seperti ini terus ya mungkin bisa saja ada PHK massal apalagi jika pemerintah tidak mau memberi bantuan," kata dia saat dihubungi katadata.co.id, Selasa (24/3).

Kendati demikian, hingga kini kerugian masih dalam proses penghitungan lantaran banyak mall memiliki lokasi berbeda, ada yang di sekitar perkantoran, di pusat kota maupun di pinggiran kota. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...