WHO Rilis Panduan Pencegahan Covid-19 saat Idul Adha

Image title
Oleh Ekarina
30 Juli 2020, 08:56
WHO Rilis Panduan Pencegahan Covid-19 saat Idul Adha.
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Ilustrasi hewan kurban. WHO merilis panduan penyelenggaraan ibadah kurban.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan panduan pelaksanaan perayaan Idul Adha dalam upaya pencegahan penularan virus corona. Panduan ini mencakup penerapan protokol pencegahan penularan penyakit baik selama pelaksanaan ibadah salat maupun pemotongan hewan kurban. 

Panduan interim yang dirilis 25 Juli 2020 ini, WHO antara lain menganjurkan pembatasan jarak fisik minimal satu meter antar orang sepanjang waktu, penggunaan masker. Selain itu, masyarakat juga diimbau meminimalisir kontak antar-individu, serta pembatasan kerumunan dalam perayaan Idul Adha.

Advertisement

Bagi masyarakat sedang tidak enak badan atau yang telah berusia 60 tahun lebihatau orang dengan penyakit diabetes, hipertensi, serta sakit jantung dan paru-paru dianjurkan tak menghadiri salat Ied berjamaah. Sebab, golongna ini lebih berisiko mengalami penularan 

WHO menganjurkan kegiatan ibadah agar sebisa mungkin diselenggarakan di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan ventilasi dan aliran udara yang baik, pengaturan aliran keluar masuk orang di tempat pelaksanaan ibadah. Selain itu, penyelenggara wajib menyediakan tempat cuci tangan dan penampung sampah, serta penggunaan sajadah serta perlengkapan ibadah personal.

WHO juga menyampaikan panduan dalam penyembelihan hewan kurban serta penanganan dan pembagian daging kurban sesuai standar keamanan yang berlaku.

Badan kesehatan dunia ini menganjurkan pengadaan hewan kurban sesuai standar keamanan, khususnya untuk ternak impor. Hewan kurban harus di tempatkan di kandang dengan luas memadai dan dilakukan pemeriksaan hewan kurban untuk mencegah penularan zoonosis.

"Jangan menyembelih hewan yang terlihat sakit dan sediakan ruangan khusus untuk karantina dan isolasi hewan yang diduga sakit,"ujar WHO dalam panduannya.

Di samping itu, WHO menyarankan penyembelihan hewan kurban di fasilitas pemotongan hewan untuk memudahkan penerapan praktik pemotongan hewan sesuai standar serta protokol pencegahan COVID-19; pemeliharaan higiene dan sanitasi fasilitas dan peralatan pemotongan hewan; dan pengelolaan limbah pemotongan hewan guna mencegah kontaminasi dan penularan penyakit.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement