Konglomerat India Bertambah Kaya selama Pandemi Corona

Image title
Oleh Ekarina
9 Oktober 2020, 15:15
Orang Terkaya, Kekayaan, Mukesh Ambani, Reliance Industries, Forbes, pandemi corona, Covid-19.
Mukesh Ambani Official,Instagram
Mukesh Ambani dan konglomerat India mencatat peningkatan kekayaan selama pandemi corona.

India menempati urutan kedua dunia dengan jumlah kasus infeksi virus corona  sebanyak 6,9 juta jiwa per Jumat (9/10). Meski demikian, harta 100 orang terkaya di negara itu secara kolektif justru naik  14% menjadi US$ 517,5 miliar atau sekitar Rp 7.609 triliun selama krisis.

Mengutip Forbes, lebih dari separuh dari peningkatan itu berasal dari satu individu. Mukesh Ambani, orang terkaya nomor satu di India dan di Asia ini mencatat kenaikan kekayaan US$ 37,3 miliar atau 73% menjadi US$ 88,7 miliar atau sekitar Rp 1.304 triliun. 

Advertisement

Pemilik mayoritas saham konglomerasi Reliance Industries Ltd melonjak saat karantina wilayah atau lockdown di berbagai negara. Ambani juga mendapat lebih dari US$ 20 miliar dari bisis anak usahanya, Jio Platforms.

"Bisnis digital Reliance ini tengah berkembang dengan berbagai suntikan dana dari investor terkemuka seperti Facebook dan Google," tulis Forbes dalam laporannya dikutip Jumat (9/10).

Reliance Industry menyalip ExxonMobil Corp sebagai perusahaan energi terbesar kedua dunia di bawah Saudi Aramco. Nilai kapitalisasi pasar Reliance naik menjadiUS$ 189 miliar dari sebelumnya US$ 8 miliar, melansir Bloomberg. 

Di bawah Ambani, posisi orang tekaya kedua India ditempati raja infrastruktur Gautam Adani, dengan peningkatan kekayaan bersih 61% menjadi US$ 25,2 miliar atau Rp 367 triliun.

Perlambatan perjalanan akibat pandemi tak mempengaruhi bisnis perusahaan.  Adani yang bercita-cita menjadi raja bandara India, mengakuisisi 74% saham bandara Mumbai atau bandara tersibuk kedua di negara itu.

Membuntuti Adani, taipan teknologi Shiv Nadar naik tiga tigkat ke peringkat ke peringkat ketiga dengan total kekayaan US$ 20,4 miliar atau Rp 293 triliun. Pada Juli lalu dia menyerahkan jabatan ketua HCL Technologies kepada putrinya Roshni Nadar Malhotra, karena saham perusahaan teknologi terbesar ketiga di India melonjak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement