Hidangan Khas Jawa Timur Cocok untuk Santap Sahur

Image title
29 April 2021, 14:19
KULINER KATUPEK GULAI TUNJANG
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.

Provinsi Jawa  Timur memiliki sejumlah hidangan khas pada setiap daerahnya. Cita rasa yang lezat, segar, berani dalam penggunaan bumbu dan rempah, membuat hidangan daerah ini cukup menggugah selera. Bahkan, tak sedikit menu khas Jatim yang cocok untuk dijadikan menu santap sahur, di bawah ini contohnya.

1. Nasi Krawu

Hidangan khas dari Kota Gresik ini bisa menjadi menu alternatif makan sahur karena dihidangkan cukup simpel. Perpaduan suwiran daging dan serundeng bisa membangkitkan selera makan. Apalagi, jika hidangan ini disajikan seperti aslinya dengan alas daun pisang dan ditambah sambal bisa membuat makan sahur keluarga begitu menyenangkan.

1. Ayam Lodho

Kuliner khas dari Tulungagung, ini sepintas mirip dengan ayam bakar. Tapi, olahan ayam ini punya keunikan lain, karena dijadikan dengan kuah santan yang kental. Rasanya gurih enak dengan cita rasa pedas cabai plus aroma bakar yang wangi dan ditambah nasi putih bisa membangkitkan selera makan sahur.

2. Rawon

Siapa yang tidak kenal hidangan ini? Masakan serupa soto daging dengan kuah berwarna hitam dari rempah kluwek ini begitu khas sehingga mudah dikenali. Rawon bisa menjadi ide makan sahur karena segar dan mengenyangkan. Apalagi jika menu ini dihidangkan lengkap dengan tambahan taoge, telur asin, sambal, jeruk nipis dan kerupuk udang.  

3. Soto Lamongan

Masakan ini juga pasti sudah tidak asing karena mudah ditemui dan dijajakan di warung tenda pinggir jalan. Soto identik dengan kuah bening yang berwarna kuning. Berbeda dengan soto lainnya, soto lamongan dilengkapi dengan irisan ayam, koya, seledri serta telur. Toping koya inilah yang menjadi ciri khas soto lamongan dan membuat rasa kuah menjadi lebih gurih dan kental. Selain koya, soto lamongan juga nikmat dimakan dengan tambahan kerupuk udang serta bawang putih.

Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...