Penjualan Produk Hobi dan Sepeda Naik 2,5 Kali Lipat Selama Pandemi

Pandemi corona membawa perubahan tren konsumen dalam berbelanja, salah satunya pembelian sepeda.
Image title
20 Juli 2020, 19:17
Penjualan Produk Hobi dan Sepeda di Blibli Naik 2,5 Kali saat Pandemi.
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Ilustrasi penjualan sepeda. Blibli mencatat kenaikan penjualan sepeda hingga 2,5 kali lipat.

Perusahaan e-commerce Blibli mencatat peningkatan transaksi untuk produk hobi khususnya sepeda hingga 2,5 kali lipat selama pandemi corona berlangsung di Indonesia. Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan bahkan menawarkan program diskon hingga 80%.

"Tren hobi kami lihat selama pandemi naik, khususnya sepeda naik 2,5 kali lipat," kata VP Business Development dan Project Lead Blibli Cindy Kalensang dalam video conference pada Senin (20/7).

Kenaikan itu terjadi pada Maret 2020 dibandingkan bulan sebelumnya. Penjualan sepeda diperkirakan semakin meningkat beberapa waktu terakhir. 

Menurutnya, pandemi membawa perubahan tren konsumen dalam berbelanja, salah satunya pembelian sepeda. Tidak hanya itu, Blibli juga mencatatkan perubahan perilaku pada pemenuhan kebutuhan harian, seperti sembako sampai dua kali lipat selama pandemi.

Membaca perubahan perilaku konsumen, Blibli pun menggelar festival belanja dengan beragam promo produk hobi. "Hari Rabu (22/7) ada promo sehat cantik maksimal, banyak produk olahraga diskon yang related dengan hobi," ujarnya. 

Berdasarkan riset yang dilakukan situs meta-search iPrice, selama masa pandemi, jumlah pemesanan sepeda naik hingga 50%. Pengguna sepeda di kawasan Ibu Kota meningkat hingga 1.000% pada minggu pertama Juli 2020 dibandingkan 2019.

Sepeda lipat, sepeda gunung dan sepeda anak menjadi tiga model sepeda yang menjadi tren dan paling banyak dicari di Indonesia.  Adapun pencarian terbanyak ditempati sepeda lipat (folding bike).

Search interest di Google Trends untuk sepeda lipat meningkat hingga 900% sejak 1 Maret hingga 21 Juni 2020. Selanjutnya ada sepeda gunung (mountain bike) dengan kenaikan search interest hingga 680% sejak 1 Maret hingga 21 Juni 2020.

Berikutnya, sepeda anak (kids bicycle) dengan pencarian yang juga meningkat sejak 1 Maret sebesar 142%.  Road bike atau sepeda balap berada di peringkat terakhir dengan peningkatan pencarian sebesar 300% selama periode yang sama.

 

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait