Negosiasi Masih Buntu, COP27 Berpotensi Molor Sampai Minggu

Rezza Aji Pratama
18 November 2022, 20:28
Venue COP27
Katadata

Pemerintah Mesir membuka kemungkinan untuk memperpanjang perundingan COP27 hingga Minggu (20/11), seiring dengan negosiasi para pihak yang masih buntu.

Jumat (18/11) seharusnya menjadi menjadi hari terakhir COP27. Namun, hingga pukul 15.00 waktu setempat, setidaknya terdapat 14 dokumen agenda yang belum disepakati. Hanya sembilan yang sudah disepakati dan delapan lainnya berstatus ‘bersih’ yang berarti tidak ada masalah di dokumen tersebut, tetapi belum resmi disepakati.

Perwakilan Spesial Presidensi Mesir Wael Aboulmagd mengatakan perpanjangan masa perundingan bukan hal baru dalam gelaran COP. Dalam sejarahnya, COP seringkali molor hingga satu atau dua hari. 

“Kami bahkan siap memperpanjang sampai Senin kalau dibutuhkan dan memungkinkan,” katanya dalam konferensi pers, Jumat (18/11).

Aboulmgd mengatakan pihaknya sudah memasukkan draf Dokumen Kesepakatan (Cover Text) COP27 Mesir pada 09.00 waktu setempat. Presidensi Mesir menurutnya membutuhkan waktu lama untuk mengakomodir isu-isu kompleks yang berkembang selama COP27.

Selain Cover Text yang masih menjadi pembahasan, pembahasan soal mekanisme Loss and Damage juga masih buntu. Mekanisme ini, yang mendorong negara maju membayar sejumlah uang kepada negara berkembang, saat ini memiliki tiga draf yang sedang didiskusikan. 

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...