Lembaga Keuangan Diminta Beri Pinjaman untuk Konsumen Panel Surya

Image title
10 Oktober 2018, 21:48
Panel surya EBT
Katadata | Arief Kamaludin

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa meminta pemerintah mencari solusi mengenai pendanaan untuk panel surya atap (rooftop). Ini karena investasi panel surya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Menurut Fabby, seharusnya pemerintah bisa menggandeng lembaga keuangan untuk memberikan pinjaman kepada konsumen yang ingin memasang panel surya di atap. “Yang belum ada memang aspek finansial. Ini bisa dibuat seperti kalau ada penawaran kredit mobil,” kata dia di Jakarta, Rabu (10/10). 

Bantuan finansial ini penting karena potensi pasar untuk panel surya di atap cukup besar. Sementara itu, untuk menghasilkan 1 kilowatt peak (kWp) biayanya mencapai Rp 15 juta.  

Saat ini ada 37 juta pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jawa Bali. Dari jumlah tersebut ada 13% persen atau 4,8 juta yang tertarik memakai panel surya di atap.

Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Direktorat Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Harris menyatakan pemerintah tengah menyiapkan suatu regulasi agar panel surya diminati perbankan. “Kami juga nanti rumuskan skema pembiayaannya seperti apa," kata dia.  

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...