Branding adalah Identitas Usaha, Begini Penjelasan Lengkapnya

Siti Nur Aeni
24 Juni 2022, 20:35
branding adalah
StarbucksIndonesia/instagram
Ilustrasi produk yang brandingnya kuat

Di era pasar bebas seperti saat ini, persaingan usaha semakin ketat. Menyadari hal tersebut, maka branding adalah kunci keberhasilan usaha. Banyak pengusaha yang berupaya keras untuk meningkatkan branding dari masing-masing perusahaan.

Adanya branding membuat banyak konsumen lebih mengenal produk atau jasa yang perusahaan tawarkan. Dengan demikian, kemungkinan produk atau jasa tersebut dibeli menjadi semakin tinggi.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar branding mulai dari pengertian hingga unsur-unsur yang dimilikinya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silakan simak penjelasan berikut ini.

Apa yang Dimaksud Branding?

Menurut penjelasan di Semsta.kemenkopukm. go.id, branding adalah upaya menyebutkan perusahaan dengan desain atau simbol tertentu yang berguna untuk mengenalkan produk dan jasa. Dahulu, branding hanya dianggap sebagai identitas perusahaan saja seperti logo, design, packaging, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, saat ini pengertian branding sudah semakin berkembang bahkan menjadi hal yang sangat diperhatikan para marketer. Maka dari itu, definisi lain dari branding adalah pola kemiripan, makna, kesukaan, hingga kepastian mutu sesuai ekspektasi konsumen.

Branding juga sering dimaknai sebagai cara membedakan diri dengan pesaing serta menjelaskan bahwa yang Anda terangkan merupakan penawaran terbaik dibandingkan perusahaan lain.

Arti Pentingnya Branding dalam Sebuah Usaha

Branding ini menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam membangun usaha. Berdasarkan keterangan di Semsta.kemenkopukm. go.id, branding ini sangat penting dalam sebuah usaha karena seluruh peran yang ditimbulkan sangat besar dalam bisnis.

Branding bisa mengubah persepsi masyarakat tentang perusahaan yang dapat meningkatkan profit usaha dan brand value atau nilai brand. Perlu diketahui juga bahwa branding bukan strategi marketing yang digunakan perusahaan besar.

Akan tetapi, branding berkaitan dengan akal sehat dan sangat dipengaruhi oleh pasar tempat Anda berada dan level yang dimainkan. Branding sangat melibatkan perpaduan antara kompetisi dan aktivitas yang berbeda. Dengan demikian, biasanya akan sangat berbeda antara kasus.

Halaman:
Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...