Staff Administrasi Adalah Organisator Data, Ini Penjelasan Lengkapnya
Staff administrasi adalah suatu pekerjaan yang bertugas untuk organisasi suatu data. Staff administrasi memiliki kemampuan cermat, tenang, cekatan, dan kreatif. Selain itu seorang bekerja dapat bekerjasama dengan tim.
Hampir semua perusahaan membutuhkan staff administrasi. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk mengurus administrasi perusahaan. Menjadi staff administrasi perlu keterampilan dan keahlian mumpuni. Berikut penjelasan lengkapnya.
Pengertian Staff Administrasi
Dalam buku SDM Unggul di Industri 4.0, staff administrasi adalah bagian sumber daya manusia di suatu organisasi. Tugas staff administrasi yaitu mengurus surat menyurat, arsip, dan bagian administrasi.
Kata administrasi berasal dari bahasa latin. Secara etimologi administrasi dari kata ministrate dan intensif. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya memenuhi dan melayani.
Arti luas administrasi adalah kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan penyelenggaraan. Administrasi juga bertugas mengawasi dan evaluasi pekerjaan.
Dari penjelasan diatas, staff administrasi bertugas dalam organisasi data. Ada beragam staff administrasi di perusahaan seperti staff administrasi keuangan, marketing, perbankan, gudang, hingga jasa. Jadi, banyak perusahaan yang merekrut staff administrasi untuk berbagai kebutuhan.
Tugas Staff Administrasi
Tugas staff administrasi bervariasi seperti mengurus data, surat menyurat, dan mengatur dokumen perusahaan. Perusahaan di bidang tertentu, memberikan tugas yang berbeda. Mengutip dari skillacademy.com, berikut tugas staff administrasi secara umum:
- Mencari solusi dan mampu menyelesaikan masalah administrasi, analisis data, dan menyusun laporan
- Mengatur dokumen perusahaan dalam bentuk digital maupun fisik
- Dapat merencanakan dan mengatur jalannya rapat
- Mengatur aktivitas pembukuan dasar
- Menyediakan berbagai dokumen seperti informasi dan laporan
- Melakukan koordinasi ruang kerja, komputer, dan persediaan barang dengan departemen IT dan karyawan baru
- Korespondensi bisnis
- Menjaga dan memelihara perlengkapan kantor
Skill Staff Administrasi
Salah satu persyaratan menjadi staff administrasi berasal dari jurusan administrasi. Beberapa perusahaan membutuhkan lulusan baru yang memahami ilmu administrasi. Selain itu, calon karyawan harus memiliki skill atau keahlian sesuai bidang. Mengutip dari glints.com, berikut skill staf administrasi:
1. Menguasai Problem Solving
Salah satu kemampuan staff administrasi adalah problem solving atau mengatasi masalah. Seorang staf admin dapat menemukan masalah dan mengatur perubahan jadwal. Problem solving ini membantu menyelesaikan masalah lebih cepat.
2. Organisasi Dokumen
Keahlian penting yaitu mampu mengorganisasi dokumen. Seorang staf admin banyak berurusan dengan dokumen penting perusahaan. Ketika bekerja, staf admin harus memastikan dokumen tidak hilang dan tertata rapi.
3. Manajemen Waktu
Skill selanjutnya yaitu manajemen waktu untuk mengatur prioritas. Kemampuan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Selain itu staff administrasi perlu memperhatikan detail. Tujuan memperhatikan detail ini untuk mengurangi kesalahan ketika mengurus dokumen.