Staff adalah Kelompok Orang yang Bekerja, Berikut Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
8 Juli 2022, 15:49
Staff Adalah
pixabay.com/ronaldcandonga
Ilustrasi Staf

Staf dan karyawan menjadi bagian penting dalam perusahaan. Staf termasuk posisi strategis sesuai bidang pekerjaan tertentu. Terdapat berbagai jenis staf yang memiliki peran masing-masing.

Perlu diketahui, istilah karyawan dan staff memiliki perbedaan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, staff adalah sekelompok orang yang bekerja sama membantu ketuanya dalam mengelola sesuatu. Arti lain dari staff adalah, bagian organisasi yang tidak memberikan perintah, tetapi memiliki hak untuk membantu pimpinan dan memberi nasihat.

Sedangkan karyawan adalah orang yang bekerja di suatu lembaga, serta mendapat gaji. Arti lain dari karyawan, yaitu pegawai lepas yang bekerja berdasarkan kontrak kerja.

Pengertian Staf 

Dalam buku Komunikasi Organisasi oleh Prietsaweny Riris T Simamora, dijelaskan organisasi lini dan staff adalah bentuk organisasi, dimana wewenang secara vertikal dan penuhnya dari pimpinan ke kepala bagian. Kemudian di bawahnya serta masing-masing pejabat.

Tugas pimpinan dibantu oleh para staf yang memberi nasihat, bantuan, saran dan pelayanan. Garis wewenang berada di pimpinan, sedangkan staf hanya memiliki wewenang sebagai staf saja.

Ciri-ciri Organisasi Lini dan Staf

Mengutip buku Studi Kelayakan Bisnis, berikut ciri-ciri staf dan organisasi:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...