Ekonomi Mikro, Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Ghina Aulia
4 September 2023, 09:05
Ekonomi mikro
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym.
Ilustrasi, sejumlah warga membeli bawang merah saat mengunjungi pasar rakyat di alun-alun Kota Bangli, Bali, Rabu (9/8/2023). Kegiatan yang digelar oleh tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bali tersebut untuk pengendalian inflasi daerah menyusul meningkatnya kebutuhan masyarakat Bali menjelang Hari Raya Kuningan yang dirayakan pada Sabtu (12/8).

Ekonomi mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang perekonomian dalam skala menengah hingga kecil. Misalnya konsumen, perusahaan rumah tangga, pasar, dan pelaku individu.

David Ricardo pada bukunya yang berjudul "Teori Pertumbuhan Klasik", mendefinisikan ekonomi mikro sebagai kondisi para pelaku kegiatan ekonomi yang sudah mempunyai informasi mengenai latar belakang sebuah pasar. Maka dari itu, disebutkan juga bahwa keadaan ekonomi mikro secara langsung menentukan harga di pasar ekonomi global.

Sadono Sukirno melalui buku "Ekonomi Mikro Teori Pengantar" menjelaskan, bahwa ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan. Sementara istilah mikro ekonomi mengacu pada fungsinya untuk menganalisis keputusan dan perilaku yang dapat mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa serta harganya di pasar.

Sementara N. G. Mankiw melalui bukunya yang berjudul "Principles of Microeconomics", mengartikan ekonomi mikro sebagai ilmu yang mengkaji tentang peran individu pelaku ekonomi. Termasuk rumah tangga dan perusahan yang membuat keputusan serta interaksinya.

Apa saja ruang lingkup ekonomi mikro yang berkaitan dengan permasalahannya? Simak ulasan berikut ini.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Berikut ruang lingkup ekonomi mikro.

1. Perilaku Penjual dan Konsumen

Ruang lingkup ekonomi mikro kali ini adalah perilaku penjual dan konsumen. Kedua pihak tersebut memiliki peranan besar terhadap hidupnya pasar. Penjual akan berusaha untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya dengan mempertimbangkan preferensi pembeli. Sementara konsumen ingin permintaannya terpenuhi dari segi kualitas dan harga.

Perusahaan cenderung ingin mengeksplorasi proses produksi untuk memasok barang dan jasa. Pihaknya berperan dalam menetapkan harga dan memaksimalkan keuntungan dari pasar.

Lebih lanjut, perilaku konsumen terbagi menjadi beberapa jenis. Perilaku membeli kompleks terjadi ketika pembeli memutuskan untuk membeli tanpa berpikir panjang. Selain itu, terdapat jenis lainnya seperti dissonance-reducing buying behavior, habitual buying, dan variety seeking.

2. Pengambilan Keputusan Individu

Ruang lingkup ekonomi mikro yang berikutnya yaitu mengenai pengambilan keputusan individu dan rumah tangga. Termasuk bagaimana membuat pilihan terkait konsumsi,tabungan, dan investasi.

Keputusan individu mengerucut ke pembahasan tentang skala ekonomi dalam lingkup kecil. Individu dapat mengacu pada individu dan pelaku usaha, baik penjual atau perusahaan.

3. Penawaran dan Permintaan

Ruang lingkup ekonomi mikro berikutnya adalah penawaran dan permintaan. Diketahui bahwa dua aspek ini berpengaruh penting terhadap perkembangan pasar, baik untuk penjual dan pembeli.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...