Pasar Oligopoli, Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenisnya

Annisa Fianni Sisma
7 September 2023, 19:47
Pasar Oligopoli
Pexels
Ilustrasi, pasar oligopoli.

Pasar oligopoli adalah jenis pasar di mana terdapat ketidakseimbangan antara jumlah produsen dan konsumen. Pada umumnya, jumlah produsen lebih sedikit daripada jumlah konsumen.

Dalam pasar ini, komoditas dikuasai oleh beberapa perusahaan, yang mengakibatkan ketidakseimbangan dalam persaingan harga di pasar. Pasar oligopoli ditandai dengan adanya sedikit produsen yang beroperasi di pasar.

Hal ini berarti bahwa persaingan di pasar ini tidak seimbang karena hanya terdapat beberapa perusahaan yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi harga pasar. Dalam kondisi ini, perusahaan-perusahaan besar memiliki keunggulan dalam menentukan harga komoditas, sedangkan konsumen memiliki pilihan terbatas dalam memilih produk.

Adapun, faktor yang menyebabkan pasar oligopoli adalah produsen pemasok sedikit. Selain itu, jumlah produsen sedikit karena skala ekonomi yang harus dioperasikan umumnya sangat besar dan hanya sedikit perusahaan yang mampu memasok pasar.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli (Pexels)
 

Terdapat ciri-ciri pasar oligopoli, yakni sebagai berikut:

1. Harga Produk-produk Hampir Serupa

Barang atau jasa yang ada di pasar oligopoli ini memiliki harga yang hampir serupa atau tidak terlalu berbeda. Artinya, harga produk atau jasa dari satu produsen dengan produsen lainnya tidak jauh berbeda.

2. Terdiri dari Dua atau Lebih Perusahaan

Untuk terbentuknya pasar oligopoli, jumlah perusahaan atau produsen harus kurang dari 10 persen. Dengan ciri ini, akan ada persaingan dagang yang tidak sempurna karena hanya produk dari perusahaan terkenal yang menjadi laris di pasar.

3. Produk yang Diperdagangkan Umumnya Serupa

Produsen biasanya hanya memproduksi dan menjual satu jenis produk. Ini berarti, produk satu dengan yang lainnya dapat saling menggantikan, sehingga konsumen tidak kesulitan mendapatkan produk serupa tersebut.

4. Perlu Strategi Pemasaran yang Matang

Pada pasar ini, produsen yang masuk ke dalam pasar oligopoli harus memiliki strategi pemasaran yang matang karena jumlah produk yang dihasilkan sedikit. Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat dengan produsen lainnya.

Jenis Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli (Pexels)

Jenis-jenis pasar oligopoli dapat diklasifikasikan berdasarkan jenisnya dan adanya kolusi atau tidak. Berikut ini penjelasannya.

1. Pasar Oligopoli yang Membedakan Jenisnya

Pasar ini adalah pasar di mana hanya satu jenis barang yang dijual, tetapi harga barang tersebut berbeda dengan harga produsen atau perusahaan lain. Secara sederhana, harga dari satu produsen ke produsen lain akan berbeda. Jika ini terjadi, maka pasar oligopoli menjadi tidak sehat karena konsumen lebih menyukai harga yang lebih murah tetapi barang berkualitas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...