Pasar Persaingan Sempurna, Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

Anggi Mardiana
8 September 2023, 12:00
Pasar Persaingan Sempurna
Unsplash
Ilustrasi, produk beras yang dijual di pasar.

Pasar terbagi menjadi dua jenis yaitu pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna. Setiap jenis dalam struktur pasar memiliki ciri dan karakteristik sendiri, mulai dari jumlah penjual dan pembeli, hambatan yang masuk dan keluar serta tingkat pembeda antara penduduk.

Para pelaku ekonomi di pasar dengan persaingan sempurna sama-sama mengetahui kondisi dan memiliki informasi mengenai pasar. Pasar dengan persaingan sempurna disebut paling ideal karena mampu menjamin terwujudnya efisiensi pasar.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya mencakup penjual dan pembeli dengan jumlah lebih banyak. Dengan catatan, kedua belah pihak tidak bisa mempengaruhi harga karena sudah ditentukan oleh pasar itu sendiri.

Ketentuan harga terjadi berdasarkan penawaran dari produsen dan permintaan konsumen. Para pihak yang terlibat di dalam pasar mengetahui situasi dan memiliki informasi yang berhubungan dengan pasar, tanpa adanya campur tangan pemerintah.

Selain banyaknya jumlah penjual dan pembeli, produk yang dijual di pasar bersifat homogen. Pasar dengan persaingan sempurna terjadi apabila jumlah perusahaan di suatu industri banyak tetapi skalanya kecil sehingga tidak ada satu perusahaan yang bisa mempengaruhi harga pasar.

Berbeda dengan pasar persaingan tidak sempurna, yaitu bentuk pasar yang hanya meliputi sedikit penjual tetapi pembelinya banyak. Harga di dalam pasar ditentukan oleh penjual barang itu sendiri. Meski penjualnya sedikit tetapi barang yang ditawarkan cukup beragam.

Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna
Pasar Persaingan Sempurna (Unsplash)

Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna memiliki sejumlah perbedaan, antara lain:

  • Pasar dengan persaingan sempurna cukup sulit ditemukan di dunia nyata. Berbeda dengan situasi pasar persaingan tidak sempurna yang sering ditemukan dalam kehidupan masyarakat.
  • Jumlah pelaku ekonomi lebih banyak dibandingkan dengan pasar persaingan tidak sempurna.
  • Produk yang dijual cenderung sama atau homogen. Sementara pasar persaingan tidak sempurna, menawarkan produk berbeda dan cenderung heterogen.
  • Pasar dengan persaingan sempurna relatif sepi pembeli sedangkan pasar persaingan tidak sempurna memiliki tingkat pembeli yang cukup tinggi.
  • Pasar dengan persaingan sempurna, perusahaan tidak bisa mempengaruhi harga sebuah produk (price taker). Sedangkan di dalam pasar persaingan tidak sempurna, perusahaan bisa mempengaruhi harga produk.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna
Pasar Persaingan Sempurna (Unsplash)

Berikut ciri-ciri pasar dengan persaingan sempurna:

1. Jumlah Pembeli dan Penjual Banyak

Meski jumlahnya banyak, penjual dan pembeli di dalam pasar dengan persaingan sempurna tidak bisa mempengaruhi harga. Penjual yang menawarkan barang di bawah harga pasar akan mengalami kerugian sedangkan jika memasarkan di atas harga pasar akan sulit menemukan pembeli.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...