Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Image title
4 Oktober 2021, 18:00
Pasar saham merupakan contoh pasar persaingan tidak sempurna.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Pasar saham merupakan contoh pasar persaingan tidak sempurna.

Pasar persaingan tidak sempurna merupakan struktur pasar dalam dunia perekonomian. Pasar ini tercipta ketika pasar persaingan sempurna tidak berjalan dengan baik.

Jika pasar persaingan sempurna mencerminkan kondisi di mana penjual dan pembeli hadir dalam jumlah besar, maka lain halnya dalam struktur pasar persaingan tidak sempurna. Di pasar ini, penjual atau pedagang lebih sedikit ketimbang pembeli.

Advertisement

Walau berjumlah sedikit, penjual di pasar persaingan tidak sempurna berhak atas penjualan produk tertentu dan hanya mereka yang boleh atau mampu menjual produk dengan jumlah terbatas. Hal ini menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan dalam penentuan harga produk di pasar.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna                               

Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna ialah sebagai berikut:

  • Ketidakseimbangan penjual dan pembeli

Dalam pasar persaingan tidak sempurna, hanya terdapat satu atau beberapa penjual yang jumlahnya lebih sedikit dari pembeli. Kondisi ini menyebabkan penjual lebih memiliki kuasa di pasar.

  • Penjual menentukan harga

Di pasar ini, penjual lebih berkuasa dan hanya sedikit pihak yang mempengaruhi pasar, sehingga penjual bebas dalam menentukan harga. Kuasa ini memungkinkan perusahaan meraup keuntungan yang lebih besar.

  • Sulit berpartisipasi

Industri pasar persaingan tidak sempurna hanya mampu dijalankan pihak tertentu. karenanya, cukup sulit bagi penjual lain untuk berpartisipasi atau masuk dan memulai bisnis di pasar ini.

  • Tidak ada barang pengganti

Minimnya kebebasan untuk berpartisipasi dalam pasar membuat ketersediaan atas pengganti produk dengan fungsi dan manfaat yang sama sulit dicari.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Walaupun struktur pasar persaingan tidak sempurna berpotensi terjadi konflik, namun ada beberapa keuntungan yang bisa didapat, di antaranya:

  • Barang berkualitas

Barang yang hanya dijual oleh beberapa penjual dan cenderung susah dicari biasanya bersifat unggul dan punya banyak manfaat.

  • Profit lebih besar

Minimnya persaingan dalam penjualan barang di pasar ini, membuat sistem memungkinkan penjual memperoleh keuntungan lebih besar. Pasalnya, pembeli tidak memiliki opsi lain atas produk pengganti dan harga yang ditetapkan penjual bersifat bebas.

  • Inovasi produk

Inovasi dilakukan guna meningkatkan kualitas barang, sekaligus meraup keuntungan lebih besar ke depannya. Hal ini dapat didorong dengan lisensi atau hak paten yang dipegang oleh penjual terhadap produknya, sehingga mereka lebih leluasa bereksplorasi.

Sebelum memasuki pasar, tentunya penjual melakukan riset terlebih dahulu. Kegiatan ini akan menunjukan kalau barang tertentu begitu dibutuhkan masyarakat, seperti bahan bakar dan listrik. Tanpa promosi ataupun iklan, pembeli sudah mengenal baik produk yang dijual perusahaan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement