Mengenang Hilman Hariwijaya, Pencipta Tokoh Lupus

Aryo Widhy Wicaksono
9 Maret 2022, 14:10
Penulis Hilman Hariwijaya
Antara

Hilman Hariwijaya, tokoh yang dikenal sebagai penulis serial "Lupus" dikabarkan meninggal dunia Rabu (9/3) dalam usia 57 tahun. Kabar ini disampaikan mantan istri Hilman, Nessa Sadin, melalui laman Instagram pribadinya.

"Innalillahi wainnaillahi rojiun. Telah berpulang Hilman Hariwijaya, Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum," tulis Nessa, Rabu. Hilman meninggal dunia setelah sempat dirawat di rumah sakit karena sakit liver.

Disarikan dari berbagai sumber, nama Hilman mulai populer pada akhir dekade '80-an, setelah cerita pendek berjudul 'Lupus' yang ditulisnya diterbitkan di majalah Hai mulai Maret 1986. Lupus saat itu langsung mendapatkan tempat di hati pembaca majalah Hai, sehingga cerpen tersebut dibuat menjadi novel dengan judul "Tangkaplah Daku Kau Kujitak" yang diterbitkan pada November 1986.

Lupus diceritakan sebagai seorang remaja supel, dengan tingkah laku konyol dan jahil, namun berpikiran cerdas. Sebagai pelajar, ia bekerja menjadi wartawan lepas di sebuah majalah remaja. Lupus tinggal bersama ibu dan adiknya bernama Lulu, serta memiliki banyak teman.

Setelah bukunya laris, serial Lupus diangkat ke layar lebar. Judul film pertama berjudul sama dengan novel pertama Lupus, dan diproduksi pada 1987. Kala itu, film ini didukung beberapa nama artis ternama, seperti Ryan Hidayat, Nurul Arifin, hingga Septian Dwi Cahyo.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...