Ciliandra Fangiono, Pengusaha Termuda di Daftar Orang Terkaya

Amelia Yesidora
19 Desember 2022, 13:30
Ciliandra Fangiono
First Resources

Berbeda dengan taipan lainnya yang sudah berusia lebih dari 50 tahun, Ciliandra Fangiono tercatat sebagai pengusaha termuda dari daftar 50 orang terkaya versi Forbes (12/12).  Di usianya yang ke-46, Ciliandra sudah memiliki kekayaan senilai US$ 2,2 miliar atau setara Rp 34,1 triliun (kurs Rp 15.500).

Kekayaan Ciliandra pun mengalami peningkatan dari tahun lalu senilai US$ 1,8 miliar atau setara Rp 27,9 triliun. Tahun ini, Forbes menempatkan namanya sebagai orang terkaya ke-20 di Tanah Air, meningkat dari tahun lalu di posisi ke-24. 

Advertisement

Ciliandra menempuh pendidikan tingginya di Cambridge University, Inggris dan lulus dengan gelar Bachelor of Art in Economics. Tidak puas dengan gelar sarjana, ia pun melanjutkan studinya di kampus yang sama dan mendapat gelar Master of Arts. 

Dari catatan Forbes, taipan ini cukup berprestasi di kampus tersebut, terbukti dari gelar Senior Scholar yang disandangnya. Gelar ini diberikan kepada seorang mahasiswa yang mendapat nilai tertinggi di tiap fakultas. Selain itu, ia juga mendapat penghargaan PriceWaterhouse Book Prize. 

Mesin Uang Ciliandra Fangiono

Kekayaan Ciliandra Fangiono tidak terlepas dari ratusan ribu hektare kebun kelapa sawit serta pabrik yang ia miliki di Riau dan Kalimantan. Perkebunan ini bergerak di bawah perusahaan First Resources, yang didirikan ayahnya, Martias, pada 1992. Kini, Ciliandra memegang peran sebagai CEO sekaligus Direktur Eksekutif First Resources.

Sebelum mengusahakan bisnis keluarganya tersebut, Ciliandra mencari pengalaman terlebih dahulu di Singapura. Ia pernah bekerja di divisi investasi perbankan dari sebuah perusahaan manajemen investasi, Merrill Lynch. Di situ, ia bekerja mengurus merger, akuisisi, dan penggalangan dana yang dilakukan perusahaan di wilayah tersebut.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement