One Piece, Anime Bajak Laut yang Diperbincangkan Capres 2024
Dua bakal calon presiden yaitu Anies Baswedan dan Prabowo Subianto berupaya mendekatkan diri kepada pemilih muda melalui anime. Keduanya baru-baru ini berbicara mengenai One Piece yang berasal dari manga karya Eiichiro Oda.
Dalam sebuah pertemuan antara Prabowo Subianto dengan pemengaruh (influencer) Bayu Skak, ia ditanyai seberapa besar pengetahuannya mengenai One Piece. Prabowo menjawab ia tahu One Piece adalah anime Jepang, meskipun tidak mengikuti.
Dalam percakapan yang diunggah di akun Instagram Bayu Skak @moektito enam hari lalu, Bayu membahas soal Intellectual Property (IP) dan 'perang kreatif' dengan memberikan contoh Astro Boy dan strategi soft diplomacy Korea Selatan melalui drama Korea (drakor). "Saya setuju, film itu sarana yang paling bagus, karena itu inilah saatnya untuk anak-anak muda yang kreatif," kata Prabowo.
Sementara itu, Anies Baswedan mengunggah momen menonton One Piece bersama keluarganya: istrinya (Fery Farhati), dan anaknya (Mutiara Baswedan) yang didampingi suaminya. Dalam unggahan Senin (7/8), keluarga capres tersebut sedang menonton momen-momen kebangkitan Monkey D. Luffy dalam mode Gear 5 ketika melawan musuhnya, seorang Yonkou atau penguasa lautan yang dikenal karena kekuatannya, bernama Kaido.
Saat itu Anies memberikan keterangan dalam unggahan, "Mengikuti saran anak2 dan netizen soal rekomendasi film. Seru juga ya..."
Di Youtube, nama Ganjar Pranowo juga dikaitkan dengan One Piece , namun lewat cara berbeda. Sosok Ganjar dibuat menjadi buruan para marine dengan bounty atau hadiah sebesar 1,2 miliar Berry, lebih tinggi dari bounty Roronoa Zoro, pendekar pedang andalan Luffy, yang hanya sebesar 1,111 miliar Berry.
Rekam Jejak One Piece
One Piece lahir dari tangan Eiichiro Oda pada 22 Juli 1997 dan ditayangkan dalam majalah Weekly Shōnen Jump milik Shueisha. OP mengisahkan petualangan anak laki-laki bernama Monkey D. Luffy dalam mewujudkan cita-citanya menjadi Raja Bajak Laut.
Kekuatan unik Luffy adalah memiliki tubuh yang elastis dengan kekuatan tinju yang kuat. Kekuatan ini ia dapat sejak memakan 'buah iblis' Gomu Gomu No Mi. Kekuatannya itu menjadi bekal untuk mengarungi lautan dengan kapal Going Merry dan mengumpulkan kru bajak laut.
Antusiasme pembaca manga membuat OP diadaptasi menjadi animasi video asli (OVA) yang diproduksi pertama kali oleh Production I.G pada tahun 1998. Pada 1999, studio animasi yang dimiliki Toei Company, Toei Animation, memproduksi serial anime OP yang membuat kisah Luffy dikenal luas.
Serial OP, baik manga maupun anime, merambah ke seluruh dunia setelah dibuat dalam bahasa Inggris. Versi manga OP yang telah dialihbahasa diedarkan di Amerika Utara dan Britania Raya oleh Viz Media. Sementara itu di Australia, pendistribusian dan lisensi manga-nya dipegang oleh Madman Entertainment.
Versi anime OP yang terdistribusi sangat luas ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, awalnya dilisensi oleh 4Kids Entertainment, perusahaan tayangan hiburan khusus untuk anak-anak asal Amerika Serikat.
Jejak 4Kids Entertainment dalam pendistribusian OP dimulai pada 4 Juni 2004. Pada 14 Agustus 2004, OP tayang perdana di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Inggris, Afrika Selatan dan New Zealand untuk pertama kalinya.
Cartoon Network lalu mengumumkan telah mengakuisisi serial anime OP pada 16 Februari 2005. Sementara itu di Inggris, Toonami mengumumkan akuisisi serialnya pada November 2004 dan mulai menyiarkan OP pada 23 April 2005.
Lisensi itu kemudian dicabut pada 2007 dan beralih dari 4K Entertainment ke Funimation Entertainment, yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Sony Pictures Television.
Terpopuler dan Terlaris Sepanjang Masa Meskipun Tak Kunjung Tamat
Sudah 24 tahun berjalan, kisah Mugiwara no Luffy belum juga tamat. Sepanjang 24 tahun menemani para penggemarnya, One Piece sudah hadir dalam setidaknya 14 film One Piece, 20 OVA, berbagai film pendek dan film spesial.
Padahal, mulanya Eiichiro Oda hanya merencanakan perjalanan One Piece selama lima tahun saja. Namun, hingga 6 Agustus 2023, versi animenya telah memasuki episode 1.071 dan versi manga sudah mencapai chapter 1.089.
OP menjadi manga terlaris sepanjang sejarah Shōnen Jump. Mengutip gamerant.com, OP juga menjadi manga paling laris sepanjang masa dibandingkan manga-manga lainnya yang pernah diproduksi di Jepang. Penjualan OP tercatat sebesar 516,6 juta kopi per Maret 2023, melampaui Naruto, Bleach, Detective Conan, Attack on Titan, bahkan Dragon Ball.
Volume 63 manga ini terjual 2.119.400 kopi dalam 4 hari sehingga memecahkan rekor dunia penjualan tercepat. Sebelumnya, volume 46 yang terjual sebanyak 140 juta kopi merupakan manga tercepat di dunia yang mencapai total penjualan 100 juta kopi. Larisnya cerita Si Topi Jerami ini direkam dalam Guinness World Record.
Selain manga, film One Piece Red yang ditayangkan pada 6 Agustus tahun lalu berhasil memuncaki box office Jepang. Film tersebut ditayangkan di lebih dari 35 negara.
Di Jepang, tiket One Piece Red pada hari pertama terjual sebanyak 1,58 juta lembar dengan pendapatan di hari pertama sebesar 2,254 miliar yen. Film itu mencatatkan pendapatan total di seluruh dunia sebesar US$ 246,5 miliar.