Yenny Wahid Mengaku Dekat dengan 3 Capres, Nyatakan Siap Jadi Cawapres

Ade Rosman
8 Agustus 2023, 14:34
Yenny Wahid Cawapres
ANTARA FOTO/Saptono/aww.
Ketua The Wahid Institute Yenny Wahid menjadi pembicara saat sesi diskusi pada Konferensi Perubahan Iklim COP27 UNFCCC di Paviliun Indonesia, Shram El Sheikh, Mesir, Senin (7/11/2022).

Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang dikenal dengan nama Yenny Wahid mengaku memiliki kedekatan dengan tiga calon presiden yang digadang akan maju dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Tak hanya itu, Yenny juga mengaku siap maju sebagai calon wakil presiden dalam kontestasi Pemilu 2024.

"Sebagai orang yang berkecimpung di dunia politik sudah cukup lama, pasti harus siap untuk menduduki jabatan publik," kata Yenny, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/8).

Menurut Yenny, seseorang yang memutuskan terjun ke dunia politik memiliki tujuan untuk menduduki jabatan publik strategis. Hal itu merupakan bagian dari ikhtiar untuk bisa membuat kebijakan publik dan berefek pada perubahan nyata yang dirasakan masyarakat.

Di sisi lain ia mengatakan hal yang tak bisa dilepaskan untuk bisa menduduki posisi strategis tersebut adalah momentum yang pas. "Ketika ada momentum, ketika ada kesempatan yang tercipta, ya harus bersedia kalau memang cita-citanya adalah bekerja dalam bidang kebijakan publik," kataYenny. 

Sejauh ini, Yenny mengaku sudah didekati kandidat calon presiden yang akan berlaga pada 2024 nanti. Namun menurutnya, hingga saat ini situasi politik masih sangat dinamis.

"Semua orang masih berkomunikasi, semua orang masih melakukan negosiasi. Jadi kita lihat saja nanti," kata Yenny, 

Dekat dengan 3 Capres

Saat ini, kandidat teratas bakal calon Presiden ditempati oleh tiga nama yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Yenny mengaku berkomunikasi dengan ketiganya. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...