Demi Tol Laut, Insentif Pajak Industri di Wilayah Timur Diperpanjang

Dimas Jarot Bayu
5 Maret 2020, 07:00
luhut, pajak
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, Menteri Kordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut menyebut pemerintah bakal memperpanjang insentif pajak untuk pelaku industri di Indonesia Timur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah bakal memperpanjang masa berlaku insentif pajak bagi industri di Indonesia timur. Hal itu sebagai langkah mengoptimalkan program tol laut.

Selama ini, program tol laut dinilai tak optimal karena minimnya industri di Indonesia timur. Alhasil, jumlah muatan yang berasal dari Indonesia timur ke barat menjadi sedikit.

Sedangkan jumlah muatan yang berasal dari Indonesia barat ke timur biasanya penuh. Hal itu lantas membuat biaya pengiriman logistik antar wilayah menjadi mahal.

"Tax allowance dan tax holiday akan diberikan kepada industri yang dibangun di Indonesia timur. Dengan demikian akan mengurangi pengiriman barang dari Indonesia barat," ujar Luhut di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/4)

(Baca: Jokowi Kecewa Tol Laut Gagal Pangkas Biaya Logistik Antardaerah)

Pemerintah pun tengah memilah sektor industri yang akan mendapatkan insentif tersebut. Sebab, Luhut menyebut pemberian tax allowance dan tax holiday itu akan berbeda-beda di setiap sektor industri.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...