Sejumlah Langkah Pemda Atasi Ruang Isolasi Covid-19 yang Makin Menipis

Image title
Oleh Antara
5 Oktober 2020, 14:29
Pemerintah terus menambah ruang isolasi seiring meningkatnya kasus Covid-19. gerakan 3M
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Petugas merapikan ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Graha Wisata Ragunan, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Ketersediaan ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di berbagai daerah mulai menipis. Salah satunya terjadi di Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemprov Babel mencatat ruang isolasi pasien dan suspek Covid-19 di Wisma Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah penuh. Hal itu terjadi karena kasus virus corona terus melonjak.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Pemprov Babel Mikron Antariksa mengatakan ruang isolasi di Wisma BKPSDM mencapai 64 ruangan isolasi. Namun, ruangan tersebut sudah diisi 57 pasien positif Covid-19 dan tujuh pasien suspek virus corona.

Pihaknya pun menambah ruang isolasi dengan mengoperasikan 52 ruangan di Asrama Haji Babel untuk menampung pasien dan suspek Covid-19. "Kami mempercepat pengoperasian ruang isolasi di Asrama Haji. Jangan sampai terjadi penumpukkan pasien yang akan menghambat penanganan Covid-19," ujar Mikron dilansir dari Antara pada Senin (5/10).

Selain asrama haji, Pemprov Babel juga mulai menyiapkan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) untuk isolasi pasien terinfeksi virus corona. Gedung yang memiliki 60 kamar itu diharapkan bisa siap digunakan dalam tiga hari ke depan.

Ia menambahkan pengoperasian Asrama Haji dan Gedung BLK sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 sebagai langkah untuk menyingkronkan kebijakan Pemprov Babel yang tidak lagi memperbolehkan isolasi mandiri di rumah. Dengan begitu, Pemprov Babel harus menambah ruang isolasi untuk mengantisipasi lonjakan pasien terpapar Covid-19.

Di tempat lain, Pemerintah Kota Tangerah meresmikan Hotel Kyriad sebagai lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19. Hotel tersebut dikhususkan untuk pasien positif Covid-19 tanpa gejala.

"Semoga dengan lokasi yang nyaman, pasien bisa lebih cepat pada proses pemulihan. Tak terkecuali para tenaga medis yang bisa bekerja lebih maksimal dengan lokasi yang mendukung dan kelengkapan alat medis yang memadai,” kata Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...