Ahli Kesehatan Ingatkan Pentingnya Masker 3 Lapis untuk Cegah Covid-19

Image title
6 Oktober 2020, 14:42
gerakan 3M, covid-19, masker kesehatan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Ilustrasi, petugas Ditlantas Polda Metro Jaya menggunakan kostum binatang membawa poster sosialisasi untuk menggunakan masker di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/10/2020). Pemerintah terus mendorong masyarakat menerapkan #Gerakan3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Penyebaran virus corona di Indonesia masih cukup tinggi. Oleh karena itu, para ahli mengingatkan pentingnya menggunakan masker dengan benar.

Ahli patologi klinis dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dr Tonang Dwi Ardyanto, PhD menyebut penggunaan masker sangat penting dilaksanakan saat pandemi corona. Pasalnya, penggunaan masker yang benar bisa efektif mencegah penularan Covid-19. 

Advertisement

Tonang pun menyebut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah merekomendasikan masker yang layak untuk digunakan masyarakat, yaitu masker kain tiga lapisan. Berdasarkan laporan jurnal ilmiah, masker tiga lapis harus menggunakan tiga bahan yang berbeda. 

Hal itu karena sifatnya tidak hanya untuk penyaringan, tetapi juga untuk elektrostatis yang terjadi antar bahan berbeda tersebut. Sedangkan untuk di tempat umum, keramaian, atau rumah sakit, dia menyarankan masyarakat menggunakan masker medis atau bedah. 

"Tentunya masyarakat diharapkan dapat menggunakan masker yang memenuhi rekomendasi WHO tadi, yakni tiga lapis untuk masker kain," ujar Tonang dilansir dari Antara pada Selasa (6/10).

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Ari F Syam juga mengatakan masyarakat dianjurkan menggunakan masker. Jika di rumah sakit, masyarakat harus menggunakan masker bedah.

Jika hanya sebentar bertemu dengan orang lain, maka dapat menggunakan masker kain tiga lapis. "Tetap harus menggunakan masker tiga lapis, karena kalau satu lapis perlindungannya kurang," kata Ari.

Pemerintah melalui Satgas Covid-19 terus mendorong masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona. Terdapat tiga hal dalam kampanye pemerintah yang disebut #Gerakan3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun.

Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement