Moderna akan Jual Vaksin Covid-19 Seharga Rp 350 Ribu per Dosis

Bio Farma sempat memperkirakan vaksin Sinovac yang akan didistribusikan di Indonesia seharga Rp 200 ribu per dosis.
Image title
Oleh Febrina Ratna Iskana
22 November 2020, 12:56
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Rospotrebnadzor Federal Service for Surveillance on Consumer Rights Protection and Human Wellbeing/Handout /HP/dj
Ilusttasi, botol berisi vaksin virus corona. Moderna akan menjual vaksin buatannya seharga Rp 350.000 per dosis.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Moderna Inc berencana menjual vaksin virus corona seharga US$ 25-US$ 35 per dosis, atau sekitar Rp 350 ribu - Rp 525 ribu. Harga tersebut bisa berbeda sesuai jumlah pesanan.

CEO Moderna Stephane Bancel mengatakan harga vaksin Covid-19 tak jauh berbeda dengan harga vaksin flu yang berkisar US$ 10 hingga US$ 50. Rencananya, Uni Eropa menjadi salah satu calon pembeli vaksin Moderna.

Uni Eropa memang telah membahasa penyediaan vaksin dengan Moderna sejak Juli 2020. Negara-negara di Benua Biru itu membutuhkan jutaan dosis vaksin virus corona.

Namun, mereka ingin harga vaksin di bawah US$ 25 per dosis. Kedua pihak pun masih dalam pembicaraan terkait kesepakatan tersebut.

"Belum ada yang ditandatangani, tapi kami sedikit lagi sepakat dengan Komisi Uni Eropa. Kami ingin mendistribusikan ke Eropa dan dalam pembicaraan yang konstruktif," ujar Bancel.

Moderna pernah menyatakan vaksin hasil eksperimennya memiliki kemanjuran menangkal Covid-19 hingga 94,5%. Hal itu berdasarkan data interm uji klinis terakhir.

Moderna pun menjadi perusahaan kedua yang menunjukkan kemajuan dalam pengembangan vaksin. Sebelumnya, ada Pfizer dan mitranya BioNTech yang menyatakan vaksin buatannya efektif mencegah virus corona hingga 95%.

Sedangkan di Indonesia, vaksin Sinovac yang dalam uji klinis fase ketiga di Bandung belum menunjukkan efektivitas. Bio Farma yang akan memproduksi dan mendistriubsikan vaksin Sinovac di Indonesia akan menyampaikan laporan interm pada awal Januari 2021.

Laporan tersebut bakal diserahkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia untuk mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization). Jika EUA telah didapat, vaksin Sinovac paling cepat didistribusikan pada akhir Januari 2021. 

Sejauh ini, baik pemerintah dan Bio Farma, belum menetapkan harga resmi vaksin virus corona. Namun, Bio Farma memproyeksi harga vaksin Covid-19 di tanah air akan berkisar Rp 200.000 per dosis. 

Di sisi lain, pencegahan Covid-19 sebenarnya bisa dilaksanakan tanpa vaksin virus corona. Pencegahan penyakit tersebut dapat dilaksanakan dengan protokol 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. 

 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait