BNP Paribas Incar Dana Kelolaan Rp 100 Miliar dari Reksa Dana ESG

Patricia Yashinta Desy Abigail
2 Agustus 2023, 17:14
BNP Paribas Incar Dana Kelolaan Rp 100 Miliar dari Reksa Dana ESG
Katadata/Patricia Abigail
BNP Paribas AM meluncurkan produk teranyarnya, Reksa Dana BNP Paribas Indonesia ESG Equity

PT BNP Paribas Asset Management (BNP Paribas AM) menargetkan dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM) hingga Rp 100 miliar hingga akhir 2023 dari produk Reksa Dana BNP Paribas Indonesia ESG Equity. Target ini seiring dengan kerja sama mitra distribusi produknya dengan Bank DBS.

Direktur dan Head of Marketing and Product Development BNP Paribas Maya Kamdani mengatakan, dana kelolaan perusahaan hingga Juni 2023 mencapai Rp 34,74 triliun. Sementara dana kelolaan untuk AUM ESG BNP Paribas Rp 6,16 triliun.

Advertisement

"Sampai sekarang kami belum melakukan revisi target, kami masih targetkan pertumbuhan 10% AUM dari semua produk BNP Paribas," kata Maya, kepada wartawan, Rabu (2/8).

Menurut data PwC tahun 2022, AUM produk investasi berorientasi ESG di Asia Pasifik diproyeksikan akan bertumbuh lebih dari tiga kali lipat atau mencapai US$ 3,3 triliun pada tahun 2026, lebih pesat dibandingkan dengan produk di pasar modal dan manajemen keuangan lain.

Di Indonesia secara keseluruhan, tren ESG juga meningkat drastis. Per Februari 2023, dana kelolaan reksa dana yang mengusung tema ESG telah mencapai Rp 4.796 triliun, atau melonjak signifikan dari Rp 253 miliar pada tahun 20171. Ini juga seiring dengan jumlah reksa dana yang mengusung tema ESG yang meningkat dari satu produk pada 2016 menjadi 20 hingga Februari 2022.

Direktur Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan, tren penerapan ESG dalam investasi terutama di kalangan nasabah wealth management DBS terus diminati.

"Sebab produk-produk ESG cenderung memiliki risiko lebih rendah karena turut menerapkan good governance, serta tentunya dapat berkontribusi positif ke masyarakat luas dan dunia," katanya.

BNP Paribas Indonesia ESG Equity menjadi reksa dana ketiga dari PT BNP Paribas AM yang menerapkan kriteria ESG dalam pengelolaan portofolionya selain BNP Paribas Cakra Syariah USD dan BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD, dan juga tersedia di Bank DBS Indonesia.

Kedua perusahan sebelumnya juga menghadirkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas SRI-KEHATI yang turut didistribusikan sejak November 2022 melalui aplikasi digibank by DBS, yang mengajak nasabah berinvestasi sekaligus mendukung ketahanan pangan di Nusa Tenggara Timur, serta tambahan partisipasi menyumbang pohon bakau.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement