BSI Siapkan Uang Tunai Rp 12,84 Triliun untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2025

Patricia Yashinta Desy Abigail
18 Desember 2024, 15:27
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) menyiapkan uang tunai Rp 12,84 triliun, untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai nasabah dan masyarakat pada momentum libur akhir tahun 2024 dan tahun baru 2025.
ANTARA FOTO/Khalis Surry/Spt.
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) menyiapkan uang tunai Rp 12,84 triliun, untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai nasabah dan masyarakat pada momentum libur akhir tahun 2024 dan tahun baru 2025.
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) telah menyediakan uang tunai senilai Rp 12,84 triliun, untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah dan masyarakat pada momentum libur akhir tahun 2024 dan tahun baru 2025.

Alokasi uang tunai yang disediakan BSI mengalami peningkatan sebesar 9% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini seiring tren permintaan yang meningkat dan didorong oleh naiknya mobilitas masyarakat pada periode libur akhir tahun dan awal tahun.

Wakil Direktur Utama BSI Bob T. Ananta mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan masyarakat. Pasalnya, momentum libur akhir tahun merupakan salah satu periode transaksi dengan permintaan uang tunai yang lebih tinggi dari hari-hari biasa.

“Saat ini kami juga memastikan ketersediaan dana tunai, terutama pada seluruh mesin ATM yang siap melayani selama 24 jam dalam memenuhi kebutuhan nasabah," kata Bon dalam keterangan resminya, Rabu (18/12). 

Terlebih pada periode libur akhir tahun baru traffic transaksi lebih tinggi dari biasanya. Bon menjelaskan selain itu untuk kelancaran dan kenyamanan bertransaksi, ia mengimbau agar masyarakat mengoptimalkan layanan cashless dan BSI e-channel. Di antaranya layanan melalui super apps BYOND by BSI, QRIS, kartu debit BSI, maupun Hasanah Card.

Untuk menjangkau daerah-daerah pelosok, saat ini BSI memiliki lebih dari 100 ribu BSI Agen yang tersebar di berbagai wilayah. BSI Agen merupakan agen laku pandai resmi BSI yang melayani tarik dan setor tunai, transfer antar rekening BSI dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa dan sebagainya yang mudah diakses masyarakat.

"Selain itu, optimalisasi layanan juga dilakukan melalui BSI e-channel. Diantaranya BYOND by BSI, BSI ATM, BSI Net Banking, BSI CMS, Weekend Banking dan BSI Agen dari mulai Aceh hingga Papua," ujar Bob.

Di sisi lain, terkait layanan jelang libur akhir tahun, selama periode 1-29 Desember 2024 perseroan juga membuka layanan terbatas di 637 outlet weekend banking BSI yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. 

Bob menyebut setiap bulan sekitar 40%-50% dari total keseluruhan cabang BSI membuka layanan weekend banking. Hal ini terbukti efektif terutama untuk nasabah-nasabah wirausaha yang membutuhkan transaksi rutin di akhir pekan.

"Layanan weekend banking melayani transaksi setor dan tarik tunai, pembukaan rekening, transaksi inhouse serta pembayaran maupun layanan keluhan melalui customer service," sebutnya. 

Bob juga mengimbau nasabah untuk melakukan transaksi finansial dan non-finansial melalui channel BYOND by BSI yang dilengkapi fitur cek mutasi rekening, transfer BSI dan bank lain, pembayaran, pembelian, ZISWAF, pembiayaan emas dan multiguna, top up e-wallet, e-commerce serta layanan Islami lainnya.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...