BCA Bantah Kerek Tarif Transaksi Rp 150.000/Bulan, Itu Modus Penipuan

Agustiyanti
6 Februari 2023, 06:30
tarif transaksi, BCA, tarif transaksi bca
bca.co.id
Ilustrasi. BCA membantah menaikkan tarif transaksi menjadi Rp 150.000 per bulan.

PT Bank Central Asia Tbk atau BCA memperingatkan agar nasabah waspada terhadap aksi penipuan yang menggunakan modus kenaikan tarif transaksi BCA melalui pesan whatsapp. BCA membantah menaikkan tarif transaksi antar bank dari Rp 6.500 per transaksi menjadi Rp 150 ribu per bulan dengan sistem autodebet jika nasabah tidak melakukan konfirmasi terhadap link tertentu. 

"Sekarang sedang banyak beredar Hoax ‘Surat Resmi Kenaikan Tarif Transaksi’ yang mengatasnamakan Bank BCA dan disebarkan oleh oknum-oknum penipu yang tidak bertanggung jawab melalui sarana WhatsApp, email, bahkan media sosial," demikian tertulis dalam pengumuman pada situs BCA, seperti dikutip Minggu (5/2). 

Di dalam surat yang kembali beredar di Whatsapp dan menyerupai Kop Surat resmi Bank BCA disebutkan bahwa BCA akan menaikkan tarif transaksi antar bank dari Rp 6.500,- per-transaksi menjadi Rp 150.000,- per-bulan yang  di autodebet setiap bulan. Pesan di media sosial tersebut juga meminta nasabah untuk melakukan konfirmasi melalui link yang diberikan. Adapun jika nasabah tidak melakukan konfirmasi maka dianggap setuju dengan tarif tersebut. 

BCA menegaskan surat tersebut adalah aksi penipuan. "Surat tersebut bukan surat resmi dari BCA. Sehubungan dengan beredarnya surat yang menggunakan kop surat BCA yang dipalsukan tersebut, BCA menghimbau untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA," demikian pengumuman BCA.

Bank swasta terbesar di Tanah Air itu menjelaskan, pesan yang beredar media sosial merupakan tindak kejahatan phising atau upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Melalui pesan yang mencantumkan surat BCA tersebut, nasabah diarahkan untuk melakukan konfirmasi dengan cara meng-klik link yang diberikan dan kemudian diminta mengisi nomor HP, nomor kartu ATM, PIN, kode OTP, dan sebagainya. 

Ketika selesai mengisi data-data pribadi perbankan tersebut, nasabah akan diminta mengklik tarif yang dipilih, yakni tarif baru Rp 150.000 atau tarif lama Rp 6.500. Sesaat kemudian, si pelaku berhasil mengakses akun rekening milik nasabah dan menguras uangnya.

BCA mengingatkan bahwa nomer call center resmi di whatsapp adalah 0811 1500 998 yang memiliki centang hijau nya). Adapun di luar nomor itu adalah palsu. Nasabah juga dapat mengecek akun media sosial BCA di situs www.bca.co.id.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...