Bank Mandiri: Jatuhnya 3 Bank AS Berdampak Kecil ke Pasar Keuangan

Lona Olavia
17 Maret 2023, 11:34
Bank Mandiri: Jatuhnya 3 Bank AS Berdampak Kecil ke Pasar Keuangan
Bank Mandiri
Manajemen Bank Mandiri

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) buka suara terkait kolapsnya tiga bank Amerika Serikat (AS) yakni Silvergate Bank, Silicon Valley Bank (SVB), dan Signature Bank. Seperti diketahui Amerika Serikat sedang menghadapi krisis perbankan akibat kegagalan tiga bank.

Kegagalan tiga bank tentunya menjadi pelajaran bagi sektor perbankan di dunia. Bahkan investor pun mulai khawatir, kejatuhan tiga bank tersebut akan memicu krisis finansial di AS yang dapat merembet ke berbagai belahan dunia lainnya. Bahkan kabar bangkrutnya SVB sempat membuat saham-saham sektor perbankan anjlok.

Namun Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, kolapsnya tiga bank di Amerika Serikat dampaknya relatif kecil terhadap pasar keuangan domestik. Sebab menurutnya respon otoritas kebijakan AS yang cepat turut meminimalisir dampak negatif pada pasar keuangan global.

"Meski begitu, penutupan bank di AS salah satunya SVB justru memberi sentimen negatif pada dolar dan menyebabkan dolar indeks melemah, sehingga justru berdampak penguatan pada mata uang regional," katanya kepada Katadata, Jumat (17/3).

Selain itu, pasar juga berekspektasi Fed tidak akan agresif menaikkan suku bunga ke depan sehingga risiko gejolak di pasar keuangan domestik relatif terbatas.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...