Survei KIC: Nasabah Butuh Kemudahan dalam Fitur Super App Perbankan

Muhammad Taufik
Oleh Muhammad Taufik - Tim Publikasi Katadata
25 Maret 2023, 15:44
Hasil Survei KIC
Katadata

Katadata Insight Center (KIC) baru saja merilis hasil survei yang mengungkap sikap konsumen dalam menggunakan aplikasi keuangan dan perbankan. Survei tersebut bertajuk Consumer Attitude Towards Banking Super App.

Melalui survei ini, KIC memberikan wawasan mengenai bentuk kemudahan dan kenyamanan transaksi yang paling dihargai pengguna super app perbankan di Indonesia.

Survei yang dilakukan terhadap 1.500 responden ini menggali lebih lanjut perilaku konsumen dalam menggunakan tiga produk keuangan yang berbeda, yakni layanan perbankan, e-wallet, dan investasi.

Lebih dari separuh responden yang disurvei berharap tiga produk keuangan tersebut dapat diakses melalui satu aplikasi, sehingga mempermudah berbagai transaksi keuangan.

Berdasarkan temuan survei ini, terungkap pula lima super app perbankan yang paling banyak digunakan oleh responden dalam tiga bulan terakhir pascainstalasi. Yaitu, BCA Mobile, (85,2%), BRImo (78,1%), Livin’ by Mandiri (77,8%), SeaBank (75,8%), dan OCTO Mobile (74,3%).

Head of KIC Vivi Zabkie mengatakan, perbankan saling berpacu meningkatkan layanan yang lengkap dalam satu aplikasi. Pengembangan ini bertujuan memudahkan nasabah dalam mengakses segala kebutuhan layanan perbankan dan keuangan. “Tidak heran sekarang mulai muncul istilah super app bagi aplikasi mobile perbankan. Ini juga kami periksa dalam survei ini,” kata Vivi, Selasa (21/3).

Hasil survei juga mengungkapkan pandangan responden terhadap layanan digital perbankan yang mereka gunakan dalam aspek user-friendly. Setelah menginstal, hampir semua pengguna OCTO Mobile, yaitu sebanyak 90,5%, menilai aplikasi tersebut mudah digunakan.
Kemudian, diiikuti oleh pengguna BNI Mobile Banking (88,8%), BCA Mobile (88,7%), BRImo (86,8%), dan Livin’ by Mandiri (86,3%).

OCTO Mobile, yang awalnya merupakan aplikasi mobile banking bernama Go Mobile, bertransformasi menjadi super app pada tahun 2020 lalu. Hasil transformasi ini memberi keunggulan dan kesesuaian dengan kebutuhan, kemudahan pembayaran, keamanan data pribadi, dan tampilan aplikasi bagi penggunanya.

Umumnya, mereka menggunakan super app perbankan untuk transfer, top-up e-wallet, dan membayar tagihan. Selain penggunaan utama tersebut, sebanyak 47,3% pengguna OCTO Mobile juga menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan investasi.

Temuan survei tersebut sejalan dengan Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia (RP2I) 2021-2025 yang disusun Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam RP2I tertuang beberapa inisiatif dalam rangka mendorong percepatan digitalisasi perbankan.

Salah satunya, bank didorong untuk mengadopsi berbagai emerging technology yang bermanfaat di bidang keuangan. Adopsi ini dapat dilakukan melalui insentif kerja sama dengan berbagai penyedia jasa teknologi informasi maupun kolaborasi dengan institusi lain.

Sementara dalam Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan, kolaborasi bank dalam ekosistem mampu memberikan peluang untuk mendapatkan konsumen baru, memanfaatkan inovasi mitra, dan memperoleh akses data untuk pengembangan produk dan layanan.

Survei yang dilakukan KIC ini semakin mengukuhkan bahwa perubahan sikap masyarakat telah mendorong ekosistem keuangan dan perbankan untuk semakin inovatif dan mampu memperluas jangkauan layanan perbankan.

Survei KIC mengenai sikap konsumen terhadap super app perbankan dilakukan pada bulan Januari 2023 lalu. Survei dilakukan secara online terhadap 1.500 responden usia 18 tahun ke atas, SES A-C dengan cakupan wilayah seluruh Indonesia.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...