Daftar 50 Orang Terkaya Terbaru di Indonesia Versi Forbes

Lona Olavia
Oleh Lona Olavia - Nur Hana Putri Nabila
7 Desember 2023, 16:53
Daftar 50 Orang Terkaya Terbaru di Indonesia Versi Forbes
Forbes

Serangkaian pencatatan saham perdana (listing) baru di Bursa Efek Indonesia (BEI), terutama perusahaan energi dan pertambangan, menghasilkan keuntungan besar yang meningkatkan kekayaan kolektif hingga mencapai rekor U$ 252 miliar, naik 40% dari tahun lalu.

Hasilnya separuh taipan dalam daftar tersebut menjadi lebih kaya dibandingkan tahun lalu. Sebut saja Prajogo Pangestu yang berhasil naik lima tingkat ke posisi kedua untuk pertama kalinya. Ia meraih keuntungan besar dengan mencatatkan kedua perusahaannya go public, yakni PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) dan PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN).

Advertisement

Forbes pun merilis daftar terbaru 50 orang terkaya di Indonesia pada 2023. Berdasarkan daftar terbaru Forbes, Hartono bersaudara yakni Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono masih berada di posisi pertama. Kekayaan keduanya tercatat tumbuh sedikit menjadi US$ 48 miliar.

Sementara lonjakan yang paling mencolok terjadi pada Prajogo Pangestu. Prajogo sendiri mengalami peningkatan kekayaan lebih dari delapan kali lipat disbanding tahun lalu, menjadi US$ 43,7 miliar.

Selain itu Low Tuck Kwong, yang juga memperoleh kekayaannya dari emas hitam, meningkatkan kekayaannya lebih dari dua kali lipat menjadi US$ 27,2 miliar. Hal itu karena Bayan Resources miliknya, produsen batu bara terbesar ketiga di Indonesia meningkat pesat penjualannya.

Meskipun demikian, Low Tuck Kwong merosot ke peringkat tiga, dikalahkan oleh perolehan Prajogo Pangestu yang sangat pesat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement