4 BPD Merapat, Bank BJB Bakal Jadi Induk KUB Terbesar di Indonesia

Syahrizal Sidik
11 Desember 2023, 17:51
4 BPD Merapat, Bank BJB Bakal Jadi Induk KUB Terbesar di Indonesia
bank bjb
bank bjb

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) alias bank bjb menjadi kelompok usaha bank (KUB) sebagai konsolidasi perbankan khususnya Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Bank bjb akan menjadi induk usaha atau anchor sejumlah BPD. Paling anyar, Bank Jambi menjadi BPD ke-4 bergabung dalam KUB dengan bank bjb setelah Bank Bengkulu, Bank Sultra dan Bank Maluku Malut. 

Advertisement

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan berdasarkan POJK 12/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum, BPD wajib meningkatkan modal intinya minimal Rp 3 triliun paling lambat 31 Desember 2024, atau cukup memiliki Rp 1 triliun sepanjang BPD tersebut efektif tergabung menjadi anggota dari KUB.

Apabila tidak dapat terpenuhi, maka BPD wajib menyesuaikan bentuk usahanya menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Dengan demikian, BPD yang memiliki modal inti di bawah Rp3 triliun tersebut akan berpacu dengan waktu karena waktu pemenuhannya kurang lebih tersisa 13 bulan lagi.

Yuddy menambahkan, bank bjb memiliki berbagai pengalaman dan pemahaman yang mendalam mulai dari proses ber-KUB karena saat ini sudah ada bank bjb syariah sebagai anggota KUB pertama.

"Pengalaman IPO, right issue, penerbitan surat berharga, sampai dengan bagaimana bertransformasi dari bisnis model BPD yang konvensional menjadi lebih advanced sesuai perkembangan terkini," ucap Yuddy, dalam keterangan tertulis, Senin (11/12).

Selain itu, inisiatif KUB ini juga merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat posisi BPD dalam industri perbankan nasional. 

Dengan total aset seluruh BPD di Indonesia per September 2023 sebesar Rp945,7 triliun, BPD dapat menjadi salah satu kekuatan utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, bersanding dengan perbankan besar lainnya. 

Menurut Yuddy, kolaborasi adalah hal paling penting yang harus dilakukan BPD dalam melakukan inovasi dan transformasi agar bisa bersaing di industri perbankan. Saat ini bank bjb juga masih membuka peluang kerja sama dengan BPD lain di Indonesia, dengan prinsip untuk kemajuan bersama serta saling menguntungkan.

Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah menilai KUB merupakan salah satu strategi yang paling tepat untuk BPD. Selain untuk memenuhi ketentuan modal inti minimum, KUB juga dianggap mampu meningkatkan daya saing BPD di era digital saat ini. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement