Jenius Ungkap Perilaku Masyarakat Digital Savvy di Ramadan 2024

Lona Olavia
27 Maret 2024, 11:39
Jenius Ungkap Perilaku Masyarakat Digital Savvy di Ramadan 2024
dokumen
Button AI Summarize

Berbeda dengan tahun lalu yang masih dalam suasana pasca pandemi, kini masyarakat digital savvy terlihat lebih percaya diri untuk melakukan berbagai kegiatan saat Ramadan. Seperti membuka bisnis, liburan, hingga renovasi rumah. 

Digital savvy adalah masyarakat yang hidup dan beradaptasi dengan dunia digital.

Perilaku ini pun menciptakan pergeseran cara masyarakat digital savvy dalam mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) pada tahun ini dibanding 2023, khususnya dari alokasi untuk pengeluaran, menabung, dan investasi.

Febri Rusli, Digital Banking Partnership Head Bank BTPN menjelaskan, terdapat pergeseran alokasi THR pada tahun 2024 dibanding dengan 2023. Pada Ramadan tahun ini, Jenius melihat adanya pergeseran alokasi THR dari masyarakat digital savvy dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu, mayoritas digital savvy 41% fokus menabung THR, sementara 40% menggunakan THR untuk belanja kebutuhan Ramadan, dan 19% lainnya memilih menginvestasikan THR mereka. Kini, alokasi THR untuk belanja keperluan Ramadan naik 12% menjadi 52%, sedangkan porsi menabung dan berinvestasi masing-masing mencapai 29% dan 19%,” ujarnya dalam buka bersama media, di Jakarta, Selasa (26/3).

Hal itu nampak dari hasil survei bertajuk Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy selama Ramadan & Jelang Idulfitri 2024”. Survei dilakukan pada 28 Februari–18 Maret 2024 dan melibatkan 233 responden berusia 17–40 tahun dari berbagai wilayah Jabodetabek dan non-Jabodetabek (Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Manado, hingga Aceh).

Perubahan cara mengelola THR tersebut pun sejalan dengan 58% masyarakat digital savvy yang merasa pengeluaran mereka berpotensi meningkat di Ramadan tahun ini. Adapun alokasi pengeluaran tersebut terbagi menjadi beberapa keperluan. Misalnya membeli baju baru (43%), mudik (30%), zakat dan sedekah (30%), membeli makanan sahur dan buka puasa (29%), serta acara buka puasa bersama (29%).

Selain untuk keperluan Ramadan, masyarakat digital savvy juga menggunakan THR untuk melunasi utang, modal bisnis, liburan, renovasi rumah, dan beli barang elektronik.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...