PT Pos Indonesia Perkenalkan Layanan Digital Kurir dan Keuangan

Safrezi Fitra
11 September 2021, 20:44
PT Pos Indonesia Perkenalkan Layanan Digital Kurir dan Keuangan
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Gedung PT Pos

PT Pos Indonesia (Persero) memperkenalkan platform layanan digital kurir dan jasa keuangan baru kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Layanan tersebut adalah adalah PosAja!, Pospay, serta Pos Migran Indonesia. 

Layanan digital kurir dan jasa keuangan ini telah diluncurkan oleh PT Pos sebelumnya. Peluncuran “Pos Migran Indonesia” diselenggarakan pada Selasa (6/4), sementara peluncuran sejumlah layanan digital seperti PosAja! Dan Pospay dilakukan pada 26 Agustus, bertepatan dengan peringatan Ulang Tahun Pos Indonesia ke-275.

Advertisement

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan layanan digital tersebut merupakan bentuk komitmen perseroan untuk menghadirkan layanan prima kepada masyarakat, sesuai dengan perkembangan teknologi dan keuangan saat ini.

"Pospay sangat tepat menjadi sarana Digital Financial Inclusion (inklusi keuangan digital), karena Pospay membantu pedagang kecil dan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dapat melakukan transaksi seperti perbankan," ujarnya.

Dia mengatakan banyak layanan keuangan digital yang dapat dinikmati oleh pengguna Pospay. Di antaranya layanan transaksi pembayaran berbagai macam tagihan, transaksi Q-RIS, transfer dana rekening giro pos ke berbagai rekening bank hingga 50 juta rupiah per hari, kirim weselpos kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank, dengan saldo yang tidak terbatas.

Kemudian layanan syariah termasuk zakat, infaq, shodaqoh, wakaf dan qurban, tanpa biaya administrasi bulanan maupun bunga atas simpana. Pospay juga melayani pembayaran pajak sebagai bentuk dukungan bagi pembangunan Indonesia.

"Layanan Pospay bahkan menjangkau kebutuhan para Pekerja Migran Indonesia untuk melakukan proses transaksi keuangan dari luar negeri untuk kebutuhan transaksi yang ada di dalam negeri," ujarnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi peluncuran new platform layanan digital Kurir dan Jasa Keuangan PT Pos ini. Menurutnya, kehadiran tiga platform layanan digital tersebut mampu menjawab berbagai kebutuhan masyarakat selaku pelanggan.

PT Pos perlu memberikan kemudahan layanan dan kepada pelanggan, terutama di tengah penerapan kebijakan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19.

"Karena pandemi Covid-19 ini sudah mengubah berbagai aktivitas masyarakat ke serba digital. Saya kira ini adalah sesuatu yang baik bagi PT Pos untuk terus memperkuat infrastruktur digital," kata Erick.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement