Pemerintah akan Suntik Startup Lokal Rp 4,3 T via Merah Putih Fund

Cahya Puteri Abdi Rabbi
9 Februari 2022, 12:34
Startup
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi, tampilan aplikasi startup unicorn Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan OVO

Pemerintah akan meluncurkan lembaga pendanaan gabungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bernama Merah Putih Fund pada kuartal II 2022. Lembaga menyiapkan dana sebesar US$300 juta atau sekitar Rp 4,29 triliun untuk menambah modal perusahaan rintisan (start up) di Tanah Air. 

Merah Putih Fund akan dikelola oleh BUMN dan lini usaha yang bergerak di bidang modal ventura, mulai dari Mandiri Capital, MDI Ventures, BRI Ventures, Telkom Mitra Inovasi (TMI), dan modal ventura milik BNI.

Advertisement

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Merah Putih Fund akan bertugas menyuntikkan dana kepada startup nasional agar segera menjadi unicorn. Kartika menyebut perusahaan tersebut dengan istilah startup soonicorn.

"Kami akan mendukung para unicorn ini untuk bisa jadi listed di Bursa Efek Indonesia dan bisa menarik investor dari komunitas global," kata Kartika dalam acara Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2).

Ia menyebut, Merah Putih Fund akan membuat para perusahaan start up mengurangi pendanaan dari modal asing dan tetap berada di Indonesia.

Merah Putih Fund diharapkan mampu menambah jumlah startup unicorn, bahkan decacorn di Indonesia. Kartika mengatakan, dengan kolaborasi ini, pemerintah akan memperkuat dan memastikan perusahaan start up memiliki dana domestik dan membangun lebih banyak startup unicorn dan decacorn.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement