10 Capaian BRI di 2022 dan Strateginya Hadapi 2023
Mengawali tahun 2023, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berkomitmen untuk melanjutkan transformasi perusahaan dalam memperkuat ekosistem layanan nasabah. Adapun layanan tersebut difokuskan di segmen ritel.
Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan bahwa strategi itu ditempuh dengan lebih dulu mentransformasi sisi liabilitas sehingga efisien mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.
Hal ini ditunjukkan dengan porsi dana murah atau CASA di BRI yang meningkat 10,22% year on year pada kuartal ketiga 2022. Dengan demikian, porsi CASA BRI secara konsolidasian pada periode yang sama telah menyentuh 65,43%.
Dengan strategi ini, beban bunga dan biaya dana emiten berkode BBRI itu terus melandai. Beban bunga tercatat menurun sebesar 9,12% dan biaya dana BRI secara konsolidasian juga terus turun menjadi sebesar 1,94%.
Ke depan, Sunarso menambahkan digitalisasi layanan melalui mobile banking BRImo turut menjadi ujung tombak perseroan dalam mengakselerasi pertumbuhan transaksi di segmen ritel.
“BRI juga terus memperkuat retail transaction banking dengan memanfaatkan jaringan kami yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia didukung oleh business process yang telah terdigitalisasi,” ujar Sunarso dalam keterangan resminya, Selasa (24/1).
Sunarso menambahkan, pada 2022 lalu BRI telah mencatatkan 10 pencapaian dan milestone baru. Berikut pencapaiannya:
- Mempertahankan predikat “World’s Largest Public Companies in Indonesia” dan naik peringkat
- Raup laba Rp 39,31 triliun dalam sembilan bulan
- Transaksi BRImo Tembus Rp 2.669 triliun
- Dorong inklusi keuangan, Jumlah AgenBRILink capai 627 ribu
- Integrasikan 34 juta nasabah ultra mikro dan lebih dari 1.000 Gerai Senyum
- Selamatkan 3,9 juta pelaku UMKM
- Pembiayaan berkelanjutan di BRI mencapai Rp 671 triliun
- BRI Menanam’ salurkan 700 ribu bibit pohon dan dilanjutkan hingga 1,75 juta
- Desa BRILiaN berdayakan lebih dari 2.182 desa BRILian
- Borong lebih dari 170 penghargaan