Antam Alokasikan Capex US$ 4-5 Miliar Kembangkan Ekosistem Baterai EV

Nur Hana Putri Nabila
1 Desember 2023, 13:28
Kembangkan Ekosistem Baterai EV, ANTM Alokasikan Capex US$ 4-5 Miliar
ANTARA FOTO/Jojon/rwa.
Foto udara lokasi smelter nikel milik PT Antam Tbk di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Senin (6/11/2023). PT Antam Tbk mencatatkan kinerja laba periode berjalan pada JanuariÐSeptember 2023 (9M23) sebesar Rp2,85 triliun atau tumbuh 8 persen dari laba periode berjalan pada Januari-September 2022 (9M22) sebesar Rp2,63 triliun.

Direktur Pengembangan Usaha PT Aneka Tambang Tbk atau Antam, I Dewa Wirantaya menyebut akan mengucurkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebanyak US$ 4–5 miliar. Anggaran capex tersebut setara dengan maksimal Rp 77,67 triliun.

Capex untuk pengembangan ekosistem baterai untuk kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Namun capex tersebut tidak termasuk fasilitas infrastruktur power plant supply.

Advertisement

Emiten anggota holding MIND ID itu, secara langsung terlibat dalam pengembangan ekosistem baterai EV terintegrasi di Indonesia bersama dengan mitra strategis. Selain itu, Dewa menyampaikan update terbaru terkait kemajuan proyek pembangunan pabrik ekosistem baterai untuk kendaraan listrik di Halmahera Timur, Maluku Utara. 

Ia menjelaskan, perusahaan tengah berupaya memenuhi arahan dari pemegang saham untuk membangun aset hilirisasi dengan skala global. Tak hanya itu, emiten dengan kode saham ANTM tersebut juga tengah membentuk aliansi strategis untuk mendukung ekspansi bisnis hilirisasi nikel. 

“Bahwasannya ini adalah proyek integrasi dari hulu ke hilir tentunya penyerapan capex yang sangat besar mungkin estimasi antara US$ 4 sampai US$ 6 miliar,” kata Dewa dalam Konferensi Pers Public Expose Live 2023, Kamis (30/11).

Dewa juga mengatakan bahwa dalam memilih mitra, orientasi terhadap pasar merupakan prioritas utama bagi Antam. Antam menyadari bahwa Ningbo Contemporary Brunp Lygend (CBL) memiliki 30% pangsa pasar sebagai pemimpin dalam industri baterai di dunia. 

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement