XL Axiata Prediksi Trafik Layanan Naik hingga 20% di Momen Ramadan

Lona Olavia
16 Maret 2024, 15:00
XL Axiata Prediksi Trafik Layanan Naik hingga 20% di Momen Ramadan
ANTARA FOTO/Reno Esnir.
Head Consumer Propositions XL Axiata Sri Sofyana Sugiarmadji (kiri) bersama Group Head XL Axiata Lyra Filiola (kedua kiri), KOL Dian Ayu Lestari (tengah), KOL Nirina Zubir (kedua kanan) dan Head Brand & Communication XL Axiata Fajar Arieyanti (kanan) berbincang disela-sela peluncuran program Ramadhan dan kampanye WeAreMoms di Jakarta, Kamis (14/3/2024).
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

PT XL Axiata Tbk memprediksi akan terjadi lonjakan trafik sebesar 10%-20% pada momen Ramadan dan Lebaran 2024. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur.

“Lonjakan prediksi target kami untuk trafik nasional secara keseluruhan 10%-20% di Ramadan ini. Kalau dibanding hari biasa sebelum Ramadan kenaikannya di angka 12 persenan. Kenaikan trafik terbesar di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Jakarta justru kosong karena banyak yang mudik,” ucap Service Operation Management Region Jabodetabek XL Axiata Okrisimon, dikutip Sabtu (15/3).

Potensi kenaikan trafik data telah diantisipasi jauh sebelum Ramadan. Di mana emiten dengan kode saham EXCL itu melakukan upgrade sekitar 4.160 Base Transceiver Station (BTS), serta menyiapkan mobile BTS di 622 point of interest. Mulai dari transportasi publik, rest area, hingga tempat wisata.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data. Hal itu seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.  

Adapun kenaikan trafik di masa Ramadan ada di sisi sosial media. Sementara secara keseluruhan kontribusi secara proporsi terbesarnya disumbang oleh layanan streaming, browsing, dan sosial media. “Ini tiga terbesar,” katanya.

Okrisimon menambahkan, ada pergeseran waktu masyarakat dalam mengakses internet pada bulan Ramadan. Di hari biasa, trafik data tertinggi biasanya terjadi pada pukul 17.00-21.00 WIB. Sedangkan pada Ramadan, bergeser menjadi pukul 03.00-09.00 WIB.

"Untuk trafik data tertinggi, waktunya bergeser menjadi menjelang subuh hingga pagi. Di waktu tersebut, banyak yang mengakses media sosial, streaming musik atau film, atau bermain mobile gim," katanya.

Sementara Direktur & Chief Commercial Officer – Commerce XL Axiata, David Arcelus Oses mengatakan selama bulan Ramadan hingga Lebaran XL menyediakan paket khusus dengan harga mulai dari Rp 3.000. Paket ini ada selama 10 Maret – 17 April 2024 di Aplikasi myXL. 

Berikut pilihan paket yang tersedia:

1. Paket Internet Sahur & Ngabuburit

  • Paket Sahur kuota 2GB seharga Rp 3.000. Kuota berlaku dari jam 2 – 6 pagi WIB
  • Paket Ngabuburit kuota 2GB seharga Rp 3.500. Kuota berlaku dari jam 3 – 6 sore WIB

2. Paket Combo Aplikasi 3 hari

  • Kuota Gamers 3GB seharga Rp 4.000,- untuk akses aplikasi game Mobile Legends, Free Fire, PUBG
  • Kuota Nonton 2GB seharga Rp 5.000,-  untuk akses aplikasi VIU, Vidio, KlikFilm, Vision+
  • Kuota Lifestyle 5GB seharga Rp 10.000,- untuk akses TikTok, Instagram, Spotify
  • Kuota Combo 7GB seharga Rp 17.000,- di mana pelanggan akan mendapatkan 4GB kuota utama, 3GB kuota TikTok & Instagram, dan voucher langganan Noice Premium selama 30 hari.

3. Paket Muslim Pro

  • Voucher Muslim Pro Qalbox Premium akses 3 hari seharga Rp 3.500
  • Voucher Muslim Pro Qalbox Premium akses 7 hari seharga Rp 6.000
  • Voucher Muslim Pro Qalbox Premium akses 15 hari seharga Rp 11.000
  • Voucher Muslim Pro Qalbox Premium akses 30 hari seharga Rp 20.000 

 4. Promo Ramadan untuk Pelanggan Baru yang Belum Pernah Memakai Kartu XL :

  •  Kartu Perdana Xtra Combo Flex dengan Pilihan Bonus Kuota Ramadan hingga 40 GB.
  •  Bonus berlaku di jam 01:00 - 06:00 pagi.
  •  Tersedia di toko pulsa terdekat

5. Penawaran spesial di myRewards dan XL Poin. Selama bulan Ramadan dan Lebaran, pelanggan setia XL dapat membagikan benefit myRewards yang dimiliki untuk Ibu ataupun keluarga, dan menukarkan XL Poin dengan berbagai benefit menarik seperti Kuota WhatsApp Sahur, WhatsApp Ngabuburit, Unlimited akses GoFood & GrabFood, dan berbagai voucher diskon menarik dari Swiss-Belhotel International, Zest Hotels International, Trans F&B, Blibli dan Segari.

Dan bagi pelanggan yang melakukan pembelian paket Internet Sahur, Ngabuburit dan Combo Aplikasi yang melakukan pembayaran menggunakan aplikasi GoPay akan mendapatkan tambahan cashback hingga 50% dengan maksimal 10.000 GoPay Coins. 

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebesar 57,5 juta pelanggan dan lebih dari 160 ribu BTS. Dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu kilometer.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...