Banyak Orang Kaya Baru, BTN Rilis Prospera dan Incar Dana Rp 8 Triliun

Lona Olavia
22 Maret 2024, 19:06
(kedua dari kanan) Direktur Distribution and Institutional Funding BTN Jasmin dalam Peluncuran BTN Prospera di Jakarta, Jumat (22/3).
Katadata/Lona Olavia
(kedua dari kanan) Direktur Distribution and Institutional Funding BTN Jasmin dalam Peluncuran BTN Prospera di Jakarta, Jumat (22/3).
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) meluncurkan BTN Prospera, layanan eksklusif dan komprehensif untuk mendukung nasabah segmen emerging affluent. Segmen ini diperuntukkan bagi nasabah yang memiliki dana simpanan Rp 100 juta sampai Rp 500 juta. 

Emerging affluent merupakan masyarakat kelas menengah yang tengah dalam proses naik menjadi masyarakat kelas atas.

Layanan BTN Prospera diharapkan menjadi batu loncatan bagi para nasabah menuju segmen lanjutan yakni BTN Prioritas, yang merupakan kategori untuk nasabah pemilik dana dengan nilai di atas Rp 500 juta.

Direktur Distribution and Institutional Funding BTN Jasmin mengatakan, saat ini ada 44.000 nasabah di BTN yang masuk di segmen tersebut dengan dana kelolaan Rp 9 triliun. Target akhir tahun ini, jumlah tersebut bisa bertambah 6.000 nasabah dengan dana Rp 8 triliun.

“Segmen ini sedang tumbuh, banyak orang kaya baru dan tahun 2023 2024 segmen emerging affluent ini bisa tumbuh tiga kali lipat. Dengan melihat potensi yang ada, kami targetkan segmen ini bisa tarik dana Rp 8 triliun. Targetnya adalah nasabah baru maupun existing yang saat ini kurang tersentuh, misalnya KPR yang sudah lunas,” katanya dalam Peluncuran BTN Prospera di Jakarta, Jumat (22/3) 

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Hakuhodo Institute of Live and Living (Hill) ASEAN pada 2023, 10% dari populasi di kawasan ASEAN merupakan segmen emerging affluent. Di mana 9% dari total populasi Indonesia masuk dalam kategori tersebut. Survei tersebut memperkirakan, masyarakat segmen emerging affluent akan bertumbuh tiga kali lipat pada tahun 2023 dan 2024.

Menurut Jasmin, untuk mencapai target tersebut perseroan akan melakukan beberapa hal diantaranya melakukan pelatihan terhadap 128 Prospera Banking Officer (PBO) di seluruh cabang BTN. Emiten dengan kode saham BBTN tersebut juga akan melakukan penawaran BTN Prospera melalui ekosistem bisnis dan optimalisasi telemarketing dalam menawarkan produk bank dan layanan BTN Prospera.

“Kami memahami dan mengerti bahwa setiap individu memiliki kesempatan dan potensi yang luar biasa, yang perlu diwujudkan dan diselaraskan dengan kebutuhan masing-masing dari mereka. BTN Prospera hadir dengan solusi perbankan dan keuangan yang tepat untuk membantu nasabah dalam mengoptimalkan kekayaan secara jangka panjang,” katanya.

Jasmin menjelaskan, manfaat yang ditawarkan BTN Prospera berbasis pada tiga keistimewaan untuk mengelola potensi yang besar dari setiap nasabah sesuai pribadi masing-masing. Yakni pertumbuhan kekayaan, stabilitas keuangan, dan pemenuhan gaya hidup, serta manfaat loyalty.

Mengusung brand promise “Unlocking Your Potential”, nama Prospera juga mengandung unsur kata sejahtera atau prosperity yang bermakna bahwa BTN mendukung nasabah tidak hanya dalam mencapai kekayaan materi. Namun juga melibatkan keseimbangan hidup dan kebahagiaan melalui berbagai macam tujuan finansial nasabah.

Lebih lanjut, Jasmin mengatakan, inisiatif BTN Prospera merupakan salah satu upaya strategis perseroan dalam meningkatkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), yang hingga akhir tahun 2023 telah mencapai Rp 349,93 triliun.

“Ini bagian dari penurunan cost of fund. Rasio dana murah BTN 53%. BTN belum banyak dipakai sebagai bank transaksi. Dana BTN lebih banyak dari lembaga dan ini sensitif ke suku bunga. Kalau segmen Prospera tidak begitu,” katanya.

Selain itu, dengan adanya BTN Prospera, perseroan berharap inisiatif ini dapat turut mendorong peningkatan fee based income dan penyaluran kredit perseroan. Dengan begitu, BTN dapat menjadi bank penyedia solusi keuangan satu atap.

Layanan Eksklusif

Nasabah BTN Prospera dapat menikmati beragam produk dan layanan perbankan dan keuangan yang tersedia di BTN secara eksklusif, baik secara offline maupun digital. Sebagai contoh, nasabah akan mendapatkan layanan eksklusif dari 128 Prospera Banking Officer (PBO) yang tersedia di 81 Kantor Cabang dan 541 Kantor Cabang Pembantu di seluruh Indonesia.

Para PBO siap memberikan pendampingan untuk bisnis dan pengelolaan kekayaan nasabah. Tidak hanya itu, nasabah akan mendapatkan berbagai infomasi terkini mengenai pengembangan bisnis dan investasi melalui layanan business corner, e-booklet, dan saran lainnya. 

Nasabah BTN Prospera dapat mengakses berbagai fitur dan layanan melalui kanal digital BTN, contohnya BTN Mobile dan Internet Banking Business. Sebagai bentuk apresiasi bagi kesetiaan nasabah, BTN juga memberikan manfaat loyalty melalui BTN Spekta Poin dan PLUS: Loyalty Platform.

“Untuk menunjang gaya hidup nasabah, BTN memberikan sejumlah manfaat yang menarik untuk bertransaksi perbankan. Yakni di antaranya kartu debit, kartu kredit co-branding dan layanan pinjaman lainnya yang akan diluncurkan segera, serta layanan eksklusif di lounge bandara,” kata Jasmin.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...