Banyak Orang Kaya Baru, BTN Rilis Prospera dan Incar Dana Rp 8 Triliun

Lona Olavia
22 Maret 2024, 19:06
(kedua dari kanan) Direktur Distribution and Institutional Funding BTN Jasmin dalam Peluncuran BTN Prospera di Jakarta, Jumat (22/3).
Katadata/Lona Olavia
(kedua dari kanan) Direktur Distribution and Institutional Funding BTN Jasmin dalam Peluncuran BTN Prospera di Jakarta, Jumat (22/3).
Button AI Summarize

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) meluncurkan BTN Prospera, layanan eksklusif dan komprehensif untuk mendukung nasabah segmen emerging affluent. Segmen ini diperuntukkan bagi nasabah yang memiliki dana simpanan Rp 100 juta sampai Rp 500 juta. 

Emerging affluent merupakan masyarakat kelas menengah yang tengah dalam proses naik menjadi masyarakat kelas atas.

Layanan BTN Prospera diharapkan menjadi batu loncatan bagi para nasabah menuju segmen lanjutan yakni BTN Prioritas, yang merupakan kategori untuk nasabah pemilik dana dengan nilai di atas Rp 500 juta.

Direktur Distribution and Institutional Funding BTN Jasmin mengatakan, saat ini ada 44.000 nasabah di BTN yang masuk di segmen tersebut dengan dana kelolaan Rp 9 triliun. Target akhir tahun ini, jumlah tersebut bisa bertambah 6.000 nasabah dengan dana Rp 8 triliun.

“Segmen ini sedang tumbuh, banyak orang kaya baru dan tahun 2023 2024 segmen emerging affluent ini bisa tumbuh tiga kali lipat. Dengan melihat potensi yang ada, kami targetkan segmen ini bisa tarik dana Rp 8 triliun. Targetnya adalah nasabah baru maupun existing yang saat ini kurang tersentuh, misalnya KPR yang sudah lunas,” katanya dalam Peluncuran BTN Prospera di Jakarta, Jumat (22/3) 

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Hakuhodo Institute of Live and Living (Hill) ASEAN pada 2023, 10% dari populasi di kawasan ASEAN merupakan segmen emerging affluent. Di mana 9% dari total populasi Indonesia masuk dalam kategori tersebut. Survei tersebut memperkirakan, masyarakat segmen emerging affluent akan bertumbuh tiga kali lipat pada tahun 2023 dan 2024.

Menurut Jasmin, untuk mencapai target tersebut perseroan akan melakukan beberapa hal diantaranya melakukan pelatihan terhadap 128 Prospera Banking Officer (PBO) di seluruh cabang BTN. Emiten dengan kode saham BBTN tersebut juga akan melakukan penawaran BTN Prospera melalui ekosistem bisnis dan optimalisasi telemarketing dalam menawarkan produk bank dan layanan BTN Prospera.

“Kami memahami dan mengerti bahwa setiap individu memiliki kesempatan dan potensi yang luar biasa, yang perlu diwujudkan dan diselaraskan dengan kebutuhan masing-masing dari mereka. BTN Prospera hadir dengan solusi perbankan dan keuangan yang tepat untuk membantu nasabah dalam mengoptimalkan kekayaan secara jangka panjang,” katanya.

Jasmin menjelaskan, manfaat yang ditawarkan BTN Prospera berbasis pada tiga keistimewaan untuk mengelola potensi yang besar dari setiap nasabah sesuai pribadi masing-masing. Yakni pertumbuhan kekayaan, stabilitas keuangan, dan pemenuhan gaya hidup, serta manfaat loyalty.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...