Kredit Bank Sampoerna Tumbuh 13% Jadi Rp 11,4 Triliun pada 2023

Nur Hana Putri Nabila
18 April 2024, 17:00
Ilustrasi: Bank Sampoerna
Dok. Bank Sampoerna
PT Bank Sahabat Sampoerna atau Bank Sampoerna mencatat penyaluran kredit sepanjang tahun lalu tumbuh 13,2% menjadi Rp 11,4 triliun.
Button AI Summarize

PT Bank Sahabat Sampoerna atau Bank Sampoerna mencatat penyaluran kredit sepanjang tahun lalu tumbuh 13,2% menjadi Rp 11,4 triliun. Pencapaian tersebut lebih tinggi daripada peningkatan kredit industri perbankan secara keseluruhan yang tercatat 12,3%. 

Kredit di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih menjadi fokus utama Bank Sampoerna dengan porsi sebesar 68% dari total kredit. Secara rinci, sebesar 45% dari keseluruhan pinjaman secara langsung diberikan ke UMKM dan sisanya disalurkan melalui lembaga keuangan lain.

Henky Suryaputra, Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna, menyatakan total Dana Pihak Ketiga (DPK) bank meningkat 22,3% menjadi Rp 12,8 triliun pada 2023. Pertumbuhan DPK ini juga di atas rata-rata pertumbuhan DPK industri perbankan secara keseluruhan yang sebesar 6,3% pada periode yang sama.

“Peningkatan penyaluran kredit dipicu terpeliharanya kepercayaan masyarakat yang menempatkan dananya di Bank Sampoerna,” kata Henky dalam keterangan tertulis, Kamis (18/4). 

Seiring dengan hal itu, laba bersih Bank Sampoerna di tahun 2023 juga terkerek menjadi Rp 62 miliar. Perolehan tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan laba tahun 2022 sebesar Rp 27 miliar. 

Selain ditopang pendapatan bunga, profitabilitas Bank Sampoerna ditopang oleh meningkatnya pendapatan non-bunga dan pengelolaan kredit yang positif. Pendapatan non-bunga mencapai Rp 123 miliar pada tahun lalu. Henky menyebutkan jumlah transaksi digital nasabah Bank Sampoerna mencapai 25 juta dengan volume sebesar Rp 102 triliun. "Hal ini memiliki dampak yang signifikan terhadap pencapaian laba bersih,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...