Kinerja GOTO Membaik, Kerugian Turun 62,3% Jadi Rp 2,69 Triliun

Patricia Yashinta Desy Abigail
30 Juli 2024, 17:49
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencatatkan penurunan kerugian sebesar 62,3% pada semester pertama 2024.
@tokopedia/Instagram
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencatatkan penurunan kerugian sebesar 62,3% pada semester pertama 2024.
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencatatkan penurunan kerugian sebesar 62,3% pada semester pertama 2024. Melansir dari laporan keuangan perusahaan, rugi yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun menjadi Rp 2,69 triliun dibandingkan dengan semester pertama 2023 yang mencapai Rp 7,16 triliun.

GOTO mencatatkan nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV) inti grup yang mengecualikan merchant payment gateway, tumbuh 54% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya mencapai Rp 63,2 triliun.

Sementara itu, GTV Grup pada kuartal ini tumbuh 26% mencapai Rp 121,5 triliun. Pendapatan tumbuh 39% secara tahunan mencapai Rp 4,3 triliun. Rugi EBITDA Grup yang disesuaikan membaik sebesar 95% secara tahunan dan 53% dibandingkan kuartal sebelumnya (QoQ) mencapai Rp 48 miliar.

Catatan kinerja yang baik tersebut ditopang oleh pertumbuhan pengguna pada segmen layanan hemat dari on-demand services, peningkatan penggunaan aplikasi GoPay, pertumbuhan pemberian pinjaman, serta pengelolaan beban usaha secara disiplin.

Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo mengatakan, percepatan pertumbuhan di kuartal kedua kembali menegaskan tepatnya strategi perusahaan untuk fokus pada konsumen mass market.

''Langkah ini akan terus menjadi landasan pertumbuhan perseroan, seiring dengan upaya kami meningkatkan topline (pendapatan) serta terus berkomitmen mencapai EBITDA Grup yang disesuaikan untuk mencapai impas (breakeven) untuk keseluruhan tahun buku 2024," kata Patrick dalam keterangan resminya, Selasa (30/7).

Direktur Keuangan Grup GoTo Jacky Lo menjelaskan, sejak awal tahun ini, jumlah pelanggan Gojek Plus tumbuh dua kali lipat. Pada saat yang sama, adopsi aplikasi GoPay dan produk pinjaman GOTO juga terus meluas.

Hal tersebut, disertai dengan langkah strategis menyasar mass market, mendorong peningkatan jumlah pengguna bertransaksi bulanan atau monthly transacting user Grup GoTo sebesar 20% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya pada kuartal kedua 2024.

Pertumbuhan ini tercapai, seiring pengurangan beban usaha dan perbaikan EBITDA yang disesuaikan yang dilaporkan secara tahunan untuk delapan kuartal secara berturut-turut. "Dengan situasi tersebut, kami meyakini bahwa GOTO berada pada jalur yang tepat untuk terus tumbuh sekaligus terus berkomitmen mencapai target profitabilitas," katanya.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...