Berkat Dukungan BRI, Casa Grata Buktikan Camilan UMKM Bisa Mendunia


Salah satu UMKM binaan BRI, Casa Grata, berhasil melakukan ekspor perdana ke Singapura. Hal ini dilakukan setelah menampilkan produknya di ajang FHA Food & Beverage 2025 di Singapura pada 8-11 April 2025.
Casa Grata merupakan usaha yang memproduksi camilan atau snack sehat dengan keunggulan produk yang gluten free dan vegan (berbahan nabati). Seluruh produknya dibuat tanpa tambahan pengawet, tanpa tambahan MSG, serta tanpa tambahan pewarna, bebas lemak trans dan gluten free.
Usaha ini kini menawarkan sepuluh varian rasa dan secara konsisten memperluas kapasitas produksinya guna menjawab meningkatnya permintaan pasar terhadap produk-produk pangan yang lebih baik bagi gaya hidup sehat. Varian yang paling diminati konsumen adalah Sea Salt Crackers, Onion & Garlic Crackers, serta Chocolate Cashew Crunchy Drop Cookies.
Mengikuti pameran luar negeri untuk pertama kalinya, tepatnya di ajang FHA Food & Beverage 2025 di Singapura, Co-Founder dan CEO Casa Grata Jane Tanuwijaya menyebut partisipasi tersebut sebagai titik penting dalam membuka peluang ekspor.
Ia menjelaskan, di dalam ajang tersebut, pihaknya bisa bertemu langsung dengan beberapa buyer yang tertarik setelah mencicipi produk kami di lokasi. Percakapan berlanjut setelah acara selesai dan sejak Mei kami mulai mengirim produk secara rutin ke Singapura.
“Respon yang kami terima sangat baik karena produk kami diterima dengan antusias dan beberapa buyer menunjukkan ketertarikan untuk menjalin kerja sama lebih lanjut,” ujar Jane mengutip keterangan tertulis, Jumat (27/6).
Casa Grata mendapatkan dukungan dari BRI dalam bentuk pelatihan, kurasi produk, fasilitasi promosi, serta pendampingan strategis untuk pengembangan bisnis. Pendekatan ini mendorong penguatan kapasitas usaha serta membuka jejaring pasar baru, termasuk untuk kebutuhan ekspor yang berkelanjutan.
Menurutnya, dukungan yang diberikan BRI tidak berhenti pada pembinaan awal, melainkan turut mendorong kesiapan bisnis untuk tumbuh berkelanjutan. Ia juga menegaskan bahwa pendampingan dari BRI telah membuka jalan penting bagi pertumbuhan bisnisnya.
“Kami bisa tampil di FHA karena melalui proses kurasi dari BRI. Sebelumnya, kami sudah mendapatkan berbagai bentuk pendampingan seperti pelatihan, inkubasi bisnis pada program Growpreneur by BRI serta berkesempatan mengikuti BRI UMKM EXPO(RT) 2023 dan UMKM EXPO(RT) 2025,” tutur Jane.
Ia mengimbuhkan, program-program tersebut membantu meningkatkan eksposur produk jenamanya. Tidak hanya untuk promosi produk tetapi juga untuk memahami pasar dan bertemu langsung dengan buyer.
“Bahkan, produk kami pernah dipercaya menjadi VIP snack dalam perhelatan BRI UMKM EXPO(RT) 2023,” ucapnya.
Di dalam kesempatan terpisah, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menyampaikan bahwa keberhasilan UMKM binaan seperti Casa Grata menjadi representasi konkret dari upaya pemberdayaan yang berkelanjutan.
“Casa Grata menjadi contoh bagaimana UMKM dapat menembus pasar ekspor melalui proses pemberdayaan yang terstruktur. BRI memfasilitasi mereka melalui kurasi produk, pelatihan, dan promosi terarah agar siap bersaing di kancah internasional,” tuturnya.
BRI meyakini bahwa dengan dukungan yang tepat, pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan usahanya secara berkelanjutan dan membangun kemitraan strategis lintas negara. Ke depan, BRI akan terus memperluas inisiatif serupa agar lebih banyak UMKM lokal yang mampu berkontribusi dalam rantai pasok dunia.
Di ajang Inkubasi Growpreneur, Casa Grata meraih predikat Best Participant, dan di dalam Pengusaha Muda Brillian 2024, Casa Grata meraih predikat Top 20. Ini memperkuat posisinya sebagai UMKM berprestasi dengan komitmen kuat terhadap pertumbuhan usaha dan inovasi.
Saat ini, produk Casa Grata telah tersedia di lebih dari 100 toko yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali, dan lebih dari 20 kota lain di Indonesia. Casa Grata menghadirkan camilan sehat yang lezat dan dibuat dengan perhatian pada kualitas bahan serta proses yang terjaga.
Nama “Casa Grata” sendiri memiliki makna “rumah penuh rasa syukur”, yang mencerminkan visi usaha untuk membangun kebiasaan hidup berkesadaran yang lebih sehat yang dimulai dari hal kecil sehari-hari.